INADIA ADI FEBRIANA, 126406212090 and SISWAHYUDIANTO, 198406152023211019 (2025) IMPLEMENTASI PRINSIP MANAJEMEN KEUANGAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN USAHA PARFUM ISI ULANG “AROMA WANGI PARFUM” KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (786kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (131kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (220kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (245kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (173kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi ini dengan judul “Implementasi Prinsip Manajemen Keuangan dalam Meningkatkan Penjualan Usaha Parfum Isi Ulang “Aroma Wangi Parfum” Kabupaten Trenggalek” yang ditulis oleh Inadia Adi Febriana dengan NIM. 126406212090, Prodi Manajemen Keuangan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dengan Dosen Pembimbing Bapak Siswahyudianto, M.M. Kata Kunci: Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Prinsip Manajemen Keuangan Penelitian ini dilatar belakangi oleh peran strategis UMKM dalam mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, meskipun masih menghadapi berbagai tantangan signifikan dalam hal pengelolaan keuangan yang berdampak pada pelaku usaha. Fenomena ini menunjukkan bahwa masyarakat, terutama para pelaku usaha kecil harus sadar, pentingnya pemahaman yang lebih baik mengenai manajemen keuangan, baik dalam aspek perencanaan keuangan pribadi maupun dalam pemanfaatan pinjaman usaha. Tujuan penelitian ini diharapkan memberikan pengetahuan mengenai (1) bagaimana proses perencanaan; (2) pelaksanaan dalam kegiatan operasional; (3) evaluasi prinsip manajemen keuangan yang diterapkan oleh usaha parfum isi ulang “Aroma Wangi Parfum” dalam upaya meningkatkan penjualan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan suatu keadaan objek atau peristiwa tertentu berdasarkan fakta-fakta tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi langsung ke lapangan untuk memperoleh data yang akurat. Temuan ini diperkuat oleh berbagai studi terdahulu yang menekankan pentingnya literasi keuangan, perilaku pengelolaan keuangan, teknologi, dan strategi pemasaran dalam meningkatkan kinerja UMKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha ini telah menerapkan prinsip-prinsip manajemen keuangan seperti transparansi, akuntabilitas, efisiensi, dan efektivitas secara konsisten. Dalam proses perencanaan, pemilik usaha menyusun strategi keuangan secara terstruktur, termasuk dalam penyusunan anggaran, perhitungan modal, serta penentuan strategi pemasaran dan harga yang kompetitif. Pada tahap pelaksanaan, usaha menunjukkan kedisiplinan dalam manajemen stok, produksi, pengelolaan arus kas, pencatatan keuangan teratur, pengendalian biaya operasional, serta pemanfaatan strategi pemasaran digital. Evaluasi rutin juga dilakukan untuk mengukur efisiensi biaya, efektivitas penjualan, dan kepuasan pelanggan dengan membandingkan hasil penjualan sebelum dan sesudah penerapan prinsip manajemen keuangan, serta melalui analisis laporan keuang
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Ekonomi > Kinerja Keuangan Ekonomi > Laporan Keuangan |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah |
| Depositing User: | 126406212090 INADIA ADI FEBRIANA |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 07:18 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 07:18 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64129 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
