INTERNALISASI NILAI-NILAI PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL-ALAMIN (PPRA) MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 8 TULUNGAGUNG

SEFIA NIRIANI, 126201211075 and ST. NOER FARIDA LAILA, 197201151999032002 (2025) INTERNALISASI NILAI-NILAI PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL-ALAMIN (PPRA) MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 8 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (746kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (311kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam konteks penelitian ini, penanaman nilai Profil Pelajar Rahmatan lil-Alamin (PPRA) tidak hanya diintegrasikan melalui kegiatan ekstrakurikuler, tetapi juga melalui proses pembelajaran di kelas. Melalui kegiatan ekstrakurikuler, siswa dilibatkan dalam berbagai aktivitas keagamaan dan sosial yang bertujuan untuk menumbuhkan sikap toleransi, empati, dan rasa hormat terhadap perbedaan. Di sisi lain, nilai-nilai rahmatan lil-alamin juga diperkuat dalam pembelajaran intrakurikuler, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Guru mengintegrasikan nilai-nilai mulia seperti akhlak, toleransi, keteladanan dan kebersamaan melalui metode yang mendorong siswa aktif berpikir dan merefleksikan makna ajaran Islam dalam kehidupan nyata. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana proses internalisasi nilai ta’addub melalui pembelajaran PAI di MTsN 8 Tulunggaung? (2) Bagaimana proses internalisasi nilai qudwah melalui pembelajaran PAI di MTsN 8 Tulungagung? (3) bagaimana proses internalisasi nilai tawassut melalui pembelajaran PAI di MtsN 8 Tulungagung?. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data diambil dengan metode wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi, Sedangkan Teknik analisis data menggunakan Data Condentation (Kondensasi Data), Data Display (Penyajian data), Drawing and Verifying Conclusion (Pengambilan Kesimpulan). Kemudian pada teknik keabsahan data dengan pengecekan melalui kredibilitas dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Internalisasi nilai ta’addub dilakukan melalui tiga tahap yatu, tahap transformasi dengan penyampaian nilai melalui ceramah, nasihat, dan kisah teladan, tahap transaksi dengan diskusi dan tanya jawab, dan tahap transinternalisasi dengan guru menjadi teladan, pembiasaan sopan santun, serta pemberian motivasi dan penghargaan. (2) Internalisasi nilai qudwah juga melalui tiga tahap yaitu tahap transformasi dengan penanaman konsep keteladanan melalui ceramah, nasihat, dan kisah), tahap transaksi dengan diskusi interaktif dan Tanya jawab, serta tahap transinternalisasi dngan pembiasaan nilai keteladanan, dukungan program seperti pembacaan Yasin. (3) Internalisasi nilai tawassut dilakukan melalui tahap transformasi yaitu dengan penyampaian nilai moderat melalui ceramah dan kisah), tahap transaksi dengan diskusi dan Tanya jawab untuk menumbuhkan pemikiran kritis, serta tahap transinternalisasi melalui guru menjadi teladan sikap moderat, membiasakan berpikir kritis, serta memberi pujian dan penghargaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201211075 SEFIA NIRIANI
Date Deposited: 19 Nov 2025 04:11
Last Modified: 19 Nov 2025 04:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64182

Actions (login required)

View Item View Item