ANALISIS WACANA PERSUASIF DALAM IKLAN SUNLIGHT DI YOUTUBE SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR MATERI TEKS IKLAN DI MTSN 6 TULUNGAGUNG

VINA ARISTAWATI, 126210213125 and TITIK DWI RAMTHI HAKIM, 198603022012122002 (2025) ANALISIS WACANA PERSUASIF DALAM IKLAN SUNLIGHT DI YOUTUBE SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR MATERI TEKS IKLAN DI MTSN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (422kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (203kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Analisis Wacana Persuasif dalam Iklan Sunlight di YouTube serta Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar Materi Teks Iklan di MTsN 6 Tulungagung" ditulis oleh Vina Aristawati, NIM 126210213125, dengan dosen pembimbing Titik Dwi Ramthi Hakim, M.Pd. Kata kunci: Iklan, YouTube, teknik persuasif, bahan ajar, kendala. Iklan merupakan salah satu bagian dari materi teks iklan, di kelas VIII di tingkat SMP/MTs. Iklan sebagai materi pembelajaran terkadang masih membuat siswa merasa kesulitan untuk memahami maksud dari pesan yang akan disampaikan kepada audiens, begitu juga yang dialami oleh siswa MTsN 6 Tulungagung, Dihadapkan pada masalah ini, ditemukan iklan Sunlight Olimpiring, Sunlight Jeruk Nipis dan Sunlight Power Spray yang terdapat di media online yaitu di platform YouTube. Iklan Sungliht ini dianggap telah memenuhi kriteria yang efektif, karena menampilkan situasi sehari-hari yang relevan dengan kehidupan siswa, memiliki pesan moral yang positif serta memiliki bahasa dan visual yang mudah dipahami oleh siswa SMP/MTs. Selain itu, pemilihan iklan tersebut telah melalui beberapa pertimbangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis teknik persuasif yang terdapat dalam wacana iklan Sunlight Olimpiring, Sunlight Jeruk Nipis dan Sunlight Power Spray di YouTube dan untuk mendeskripsikan pemanfaatan hasil analisis teknik persuasif sebagai bahan ajar materi teks Iklan di MTsN 6 Tulungagung. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi dokumen atau teks. Sumber data yang diperoleh berasal dari iklan Sunlight Olimpiring, Sunlight Jeruk Nipis dan Sunlight Power Spray serta wawancara dengan guru Bahasa Indonesia kelas VIII MTsN 6 Tulungagung. Proses pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, wawancara dan analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Iklan Sunlight Olimpiring yang hanya memiliki 4 teknik persuasif, yaitu teknik rasionalisasi, teknik identifikasi, teknik sugesti dan teknik konformitas, iklan Sunlight Jeruk Nipis yang hanya memiliki 3 teknik persuasif, yaitu teknik rasionalisasi, teknik identifikasi dan teknik sugesti serta iklan Sunlight Power Spray yang hanya memiliki 2 teknik persuasif, yaitu teknik rasionalisasi dan teknik sugesti. 2) Pemanfaatkannya sebagai bahan ajar materi teks Iklan. Hal ini karena telah memenuhi kriteria bahan ajar yang baik dan berdasarkan penilaian guru Bahasa Indonesia MTsN 6 Tulungangung kelas VIII terhadap bahan ajar yang telah disusun.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 126210213125 VINA ARISTAWATI
Date Deposited: 21 Nov 2025 01:56
Last Modified: 21 Nov 2025 01:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64206

Actions (login required)

View Item View Item