ABDI QOWY MATHIN, 126405213179 and NUR AZIZ MUSLIM, 197407162009011006 (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PADA USAHA TOKO ONLINE ULFA SHOP KEDIRI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (454kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (129kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (189kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (223kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Pengembangan Bisnsis Pada Usaha Toko Online Ulfa Shop Kediri Dalam Meningkatkan Volume Penjualan” ini ditulis oleh Abdi Qowy Mathin, dibawah bimbingan Dr. Nur Aziz Muslim, M.H.I. Kata Kunci: Strategi Bisnis, Toko Online, Ulfa Shop, Inovasi Produk, Penjualan. Perkembangan teknologi mendorong pelaku UMKM untuk beralih ke pemasaran digital guna menjangkau pasar lebih luas dan efisien. Ulfa Shop Kediri, UMKM yang menjual perabot rumah tangga, memanfaatkan media sosial seperti Facebook dan WhatsApp dalam operasionalnya. Namun, toko ini menghadapi tantangan dalam hal pemasaran, persaingan, dan permodalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pengembangan bisnis Ulfa Shop dalam meningkatkan penjualan, serta peran pemasaran digital dalam mendukung pertumbuhan usaha. Studi ini diharapkan menjadi referensi bagi pelaku UMKM dalam menerapkan strategi bisnis yang adaptif di era digital. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi pengembangan bisnis pada Ulfa Shop Kediri? 2) Bagaimana cara mengoptimalkan strategi pengembangan usaha pada Ulfa Shop Kediri? 3) Apa saja kendala dan solusi strategi pengembangan usaha pada Ulfa Shop Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap pemilik dan aktivitas operasional Ulfa Shop. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif Miles dan Huberman, yang mencakup tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini yaitu 1). strategi pengembangan bisnis yang diterapkan oleh Ulfa Shop Kediri dalam menghadapi dinamika pasar dan meningkatkan daya saing. Terdapat tiga strategi utama yang menjadi fokus, yaitu strategi pemasaran, strategi produk, dan strategi penjualan. Strategi pemasaran difokuskan pada pemanfaatan media sosial seperti Facebook dan WhatsApp untuk promosi dan interaksi dua arah dengan konsumen. Strategi produk diterapkan melalui penyesuaian terhadap tren pasar, menjaga harga tetap kompetitif, dan memperhatikan kualitas layanan. 2). Untuk mengoptimalkan usaha, Ulfa Shop juga menerapkan pengelolaan stok yang efisien dan inovasi produk yang adaptif. Dalam proses pengembangannya, 3). Ulfa Shop menghadapi beberapa kendala seperti persaingan harga, kesulitan memperoleh stok barang, lokasi usaha yang kurang strategis, dan konsumen yang tidak sabar. Untuk mengatasi tantangan tersebut, Ulfa Shop menerapkan solusi seperti menjaga kualitas layanan, diversifikasi pemasok, serta fokus pada kepuasan pelanggan. Ulfa Shop mengembangkan usaha melalui strategi 4P, media sosial, inovasi produk, dan layanan pelanggan. Optimalisasi dilakukan lewat manajemen stok dan kemitraan. Kendala diatasi dengan strategi adaptif, dan keseluruhan strategi mencerminkan nilai pemasaran syariah.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Ekonomi > Bisnis Islam Ekonomi > Manajemen Syariah |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
| Depositing User: | 126405213179 ABDI QOWY MATHIN |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 03:11 |
| Last Modified: | 21 Nov 2025 03:11 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64231 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
