AINUN NI'MAH, 126208213106 and ARBAUL FAUZIAH, 199105102019032032 (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI BIOTEKNOLOGI KELAS X DI MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (535kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (231kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (662kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (266kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi BiotekNologi Kelas X di MA Ma’arif Udanawu Blitar” ditulis oleh Ainun Ni’mah, NIM 126208213106, Pembimbing Arbaul Fauziah, M.Si. Kata Kunci : Bioteknologi, Kemampuan Berpikir Kreatif, Motivasi Belajar, Project Based Learning. Rendahnya kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar siswa masih menjadi tantangan utama dalam proses pembelajaran, terutama pada mata pelajaran Biologi. Hal ini diperparah oleh penerapan model pembelajaran yang cenderung berpusat pada guru, kurang melibatkan siswa secara aktif, serta tidak memberikan ruang bagi siswa untuk mengembangkan ide dan menyelesaikan masalah secara mandiri. Materi Bioteknologi yang seharusnya kontekstual dan aplikatif justru sering disampaikan secara teoretis, sehingga gagal membangkitkan minat dan keterlibatan siswa. Dalam menghadapi tantangan tersebut, diperlukan suatu pendekatan pembelajaran inovatif yang mampu mendorong siswa berpikir tingkat tinggi sekaligus meningkatkan motivasi mereka dalam belajar. Salah satu pendekatan yang dianggap relevan adalah model Project Based Learning (PjBL), yaitu model pembelajaran yang menekankan pada keterlibatan siswa dalam menyelesaikan proyek nyata, yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh penerapan model Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi bioteknologi kelas X di MA Ma’arif Udanawu Blitar, (2) mengetahui pengaruh penerapan model Project Based Learning terhadap motivasi belajar siswa pada materi bioteknologi kelas X di MA Ma’arif Udanawu Blitar, (3) mengetahui pengaruh penerapan model Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar siswa pada materi bioteknologi kelas X di MA Ma’arif Udanawu Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian Quasi Eksperimen Design dengan desain Non-Equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel terdiri dari dua kelas yakni kelas X-H sebagai kelas eksperimen dan X-I sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan meliputi tes kemampuan berpikir kreatif dan angket motivasi belajar. Teknik analisis data dilakukan dengan uji-T dan Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi bioteknologi. Berdasarkan dari hasil analisis menggunakan uji t-test diperoleh nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima, (2) terdapat pengaruh model Project Based Learning terhadap motivasi belajar siswa pada materi bioteknologi. Berdasarkan dari hasil analisis menggunakan uji t-test diperoleh nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. (3) terdapat pengaruh model Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar siswa pada materi bioteknologi. Berdasarkan dari hasil analisis menggunakan uji manova diperoleh nilai sig.sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan Biologi |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
| Depositing User: | 126208213106 AINUN NI'MAH |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 06:56 |
| Last Modified: | 25 Nov 2025 06:48 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64283 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
