PENGARUH PEMBELAJARAN BERDFERIENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI MI DARUSSALAM WONODADI

REGAR DESTI SYAPUTRI, 126205212174 and TIMBUL, 196110101992031002 (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN BERDFERIENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI MI DARUSSALAM WONODADI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (576kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di MI Darussalam Wonodadi Blitar” ini ditulis Regar Desti Syaputri, NIM.126205212174, dengan pembimbing Drs. H. Timbul, M.Pd. Kata Kunci: pembelajaran berdeferiensiasi, kemampuan berpikir kreatif, IPAS Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah peristiwa yaitu kegiatan pembelajaran yang pada kondisi saat ini kurang dapat dipahami oleh siswa, padahal secara logika zaman yang sudah berkembang pesat ini dapat dimanfaatkan oleh pendidik untuk dapat mengali potensi peserta didik. Tidak hanya itu peserta didik yang memiliki kemampuan yang berbeda-beda menjadi kunci dalam setiap pembelajaran yang ada. Untuk itu erlu adanya pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik agar setiap kemampuan yang dimiliki dapat menjadi keberhasilan dalam belajar dan dapat memiliki kemampuan berpikir kreatif sesuai dengan potensinya. Dalam Hal ini peneliti menerapkan pembelajaran berdiferensiasi sebagai upanya memunculkan kreatifitas siswa dalam berpikir atau berpikir kreatif. Berpikir kreatif memiliki arti bahwa setiap anak atau peserta didik memilik pemikiran yang berbeda-beda Dalam permasalahan ini maka tujuan dari penelitian ini berfokus pada 1) menjelaskan ada atau tidaknya pengaruh pembelajraran berdeferensiasi terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik di MI Darussalam Wonodadi 2) menjelaskan besaran pengaruh pembelajaran berdeferensiasi terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik MI Darussalam Wondadi Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dengan desain one grub pretest posttest. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling dengan sampel 18 peserta didik di kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji T-test dan Uji effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)terdapat pengaruh pada pembelajaran berdeferensiasi terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar, dengan perhitungan nilai signifikasinya 0,000< 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. 2) hasil analisis effect size diperoleh nilai sebar 0,596 hal ini menunjukkan pada tabel kriteria interpretasi nilai cohen’s menunjukkan presentase sebesar 73% masuk dalam besaran pengaruh sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdeferiensiasi terdapat pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205212174 REGAR DESTI SYAPUTRI
Date Deposited: 25 Nov 2025 03:44
Last Modified: 25 Nov 2025 03:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64345

Actions (login required)

View Item View Item