NUR HASLINDA, 126405212136 and RULY PRIANTILIANINGTIASARI, 198610052020122008 (2025) STRATEGI INOVASI PRODUK BATIK SIAP PAKAI DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING DI ERA MODERN (Studi pada Batik Syamsinar Desa Ngrendeng Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (632kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (164kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (101kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (886kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Inovasi Produk Batik Siap Pakai dalam Meningkatkan Daya Saing di Era Modern Studi pada Batik Syamsinar Tulungagung (Studi pada Batik Syamsinar Desa Ngrendeng Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung)” yang ditulis oleh Nur Haslinda, NIM 126405212136, Pembimbing Ruly Priantilianingtiasari, S.E., S.Pd. M.Sy. Kata kunci: Strategi, Inovasi Produk, Daya Saing, Era Modern Preferensi konsumen yang beragam seiring berkembangnya tren fashion menjadi tantangan Batik Syamsinar dalam meningkatkan daya saing di era modern. Strategi inovasi produk batik siap pakai memiliki keunggulan tersendiri dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat dengan menyesuaikan kebutuhan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan difusi inovasi produk batik siap pakai dalam meningkatkan daya saing di era modern pada Batik Syamsinar; (2) mengetahui penerapan strategi inovasi produk batik siap pakai dalam meningkatkan daya saing di era modern pada Batik Syamsinar; (3) mengetahui tantangan dari penerapan strategi inovasi produk batik siap pakai dalam meningkatkan daya saing di era modern pada Batik Syamsinar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Batik Syamsinar berhasil menerapkan grand teori difusi inovasi melalui media sosial, event, dan workshop yang dapat diterima oleh konsumen, sehingga mampu menciptakan awareness, ketertarikan, hingga loyalitas konsumen. (2) Inovasi produk melalui pengembangan batik siap pakai yang memadukan unsur budaya tradisional dengan gaya fashion modern. Inovasi ini diwujudkan melalui desain yang modis, penggunaan teknik produksi ramah lingkungan seperti ecoprint dan shibori, serta menciptakan produk praktis yang siap digunakan. (3) Biaya produksi bahan alami, keterbatasan bahan baku, kecepatan distribusi yang disebabkan oleh proses produksi, serta fluktuasi tren fashion menjadi tantangan bagi Batik Syamsinar. Tantangan ini menuntut Batik Syamsinar untuk terus meningkatkan efisiensi produksi, menjaga kualitas, memperkuat sistem logistik, dan mempertahankan fleksibilitas dalam merespons permintaan pasar.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Ekonomi > Bisnis Islam Ekonomi > Produksi |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
| Depositing User: | 126405212136 NUR HASLINDA |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 04:07 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 04:07 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64391 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
