PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA KELAS VII MTsN 10 BLITAR

YASMIN NUR MAHFUDHO, 126208212067 and NANANG PURWANTO, 198712272023211013 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA KELAS VII MTsN 10 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (812kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (405kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Skripsi dengan judul: “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia Kelas VII MTsN 10 Blitar” ditulis oleh Yasmin Nur Mahfudho. NIM. 126208212067, Pembimbing Nanang Purwanto, M.Pd. Kata Kunci: Ekologi, dan Keanekaragaman Hayati, Inkuiri Terbimbing, Minat Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar siswa pada materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia. Hal ini disebabkan masih digunakannya model pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru, sehingga siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Selain itu, media pembelajaran yang digunakan masih terbatas pada papan tulis dan buku, yang menyebabkan siswa mudah merasa bosan. Model dan media pembelajaran yang kurang variatif ini menyulitkan siswa dalam memahami materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia, yang banyak melibatkan konsep dan hafalan. Akibatnya, banyak siswa yang kurang fokus saat pembelajaran berlangsung, seperti bermain sendiri, mengantuk, melamun, dan mengobrol dengan teman. Kondisi ini berkontribusi terhadap rendahnya minat belajar siswa, yang pada akhirnya berdampak pada pencapaian hasil belajar, terutama dalam ranah kognitif. Hal ini terbukti dari banyaknya siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran alternatif yang didukung oleh media pembelajaran yang lebih menarik untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa, salah satunya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap minat belajar siswa kelas VII pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati indonesia di MTsN 10 Blitar. (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati indonesia di MTsN 10 Blitar. (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VII pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati indonesia di MTsN 10 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VII di MTsN 10 Blitar yang berjumlah 103 siswa, dengan sampel yang digunakan adalah 27 siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan 28 siswa kelas VII A sebagai kelas kontrol. Teknik sampling pada penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket minat belajar, tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan 3 uji yaitu uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji N-Gain, Uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), dan uji hipotesis (uji independent sample t-test dan uji MANOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap minat belajar siswa pada materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia kelas VII MTsN 10 Blitar. Hal ini dibuktikan melalui hasil uji independent sample t-test, yang menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap minat belajar siswa pada materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia kelas VII MTsN 10 Blitar. Hal ini dibuktikan melalui hasil uji independent sample t-test, yang menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,002 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap minat belajar siswa pada materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia kelas VII MTsN 10 Blitar. Hal ini dibuktikan melalui hasil uji MANOVA, yang menunjukkan nilai Sig. 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208212067 YASMIN NUR MAHFUDHO
Date Deposited: 26 Nov 2025 06:11
Last Modified: 26 Nov 2025 06:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64420

Actions (login required)

View Item View Item