TRIA NIHAYATUL MUTABAROH, 126208213090 and IFAH SILFIANAH, 198507092018012001 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII MTS ARUSSALAM ARYOJEDING REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (307kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (312kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (400kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (524kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (291kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII MTs Darussalam Aryojeding Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Tria Nihayatul Mutabaroh, NIM. 126208213090, Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Ifah Silfianah, M. Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Mind Mapping, Kreativitas, Hasil Belajar, Klasifikasi Mahkluk Hidup. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas dan hasil belajar siswa yang disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor eksternal berupa lingkungan dan faktor internal yang berupa kognitif dan kepripadian siswa. Dengan demikian perlu inovasi baru dalam kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan mendorong siswa untuk dapat mengekspresikan ide-idenya. Pembelajaran dengan model pembelajaran discovery learning berbantuan mind mapping dapat mengoptimalkan kreativitas dan eksplorasi siswa, serta memperkuat peran guru sebagai fasilitator dan pembimbing yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan mind mapping terhadap kreativitas siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII MTs Darussalam Aryojeding. 2) Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII MTs Darussalam Aryojeding. 3) Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan mind mapping terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII MTs Darussalam Aryojeding. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Eksperiment tipe Pretest-Posttest Control Group. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTs Darussalam Aryojeding, dengan sampel kelas VII B sebagai eksperimen dan VII A sebagai kontrol, yang dilakukan menggunakan teknik Nonprobability Sampling dengan jenis sampling jenuh. Teknik pengumpulan data melalui tes untuk mengukur hasil belajar kognitif, angket, dan observasi penilaian produk mind mapping untuk mengukur kreativitas siswa. Teknik analisis data menggunakan uji T dan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan mind mapping terhadap kreativitas siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII MTs Darussalam. 2) ada pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII MTs Darussalam. 3) ada pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan mind mapping terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII MTs Darussalam.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Biologi |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
| Depositing User: | 126208213090 TRIA NIHAYATUL MUTABAROH |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 07:14 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 07:14 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64486 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
