DIAN ROHMAWATI, 1755154012 (2017) IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN (Studi Multisitus di MI Nurul Huda Krenceng dan MI Miftahus Salimin Tawangsari Blitar). [ Thesis ]
Text
COVER.pdf Download (424kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (633kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (413kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (305kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (321kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (152kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (998kB) |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Full Day School Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di MI Nurul Huda Krenceng dan MI Miftahus Salimin Tawangsari” ini ditulis oleh Dian Rohmawati, NIM.1755154012, pembimbing I yaitu Dr. H. Asmawi, M.Ag dan pembimbing II yaitu Dr. H. Nur Efendi, M.Ag Kata Kunci: Full Day School, Kualitas Pendidikan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan timpangnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan nilai-nilai moral dan sosial di masyarakat. Saat ilmu pengetahuan dan teknologi mengalami perkembangan yang sangat signifikan, moralitas masyarakat justru menunjukan progres sebaliknya. Beberapa lembaga pendidikan dianggap terlalu fokus mengurusi aspek kognitif semata, dan cenderung kurang memperhatikan penanaman nilai-nilai moralitas. Salah satu alasannya adalah keterbatasan waktu yang dimiliki sekolah untuk menyampaikan materi-materi tersebut. Pendidikan dengan sistem full day school dianggap mampu memberikan porsi yang seimbang antara bidang keilmuan dan nilai-nilai moral yang berbasis agama kepada para siswa. Penelitian ini adalah wujud dari rasa keingintahuan peneliti akan upaya-upaya yang dilakukan oleh MI Nurul Huda Krenceng dan MI Mitahus Salimin Tawangsari dalam pembelajaran full day school sekaligus mengetahui hasil dari pembelajaran tersebut dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Untuk Mengetahui hal diatas, maka peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana full day school dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MI Nurul Huda Krenceng dan MI Miftahus Salimin Tawangsari? 2) Bagaimana bentuk full day school dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MI Nurul Huda Krenceng dan MI Miftahus Salimin Tawangsari? 3) Bagaimana kualitas pendidikan bidang keagamaan dengan full day school? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui pembelajaran full day school untuk meningkatkan kualitas pendidikan di MI Nurul Huda Krenceng dan MI MIftahus Salimin Tawangsari 2 Mengetahui full day school untuk meningkatkan Kualitas Pendidika n di MI Nurul Huda Krenceng dan MI MIftahus Salimin Tawangsari . 3) Mengetahui hasil full day school untuk meningkatkan kualitas pendidikan di MI Nurul Huda Krenceng dan MI Miftahus Salimin Tawangsari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, lokasi penelitiannya di MI Nurul Huda Krenceng dan MI Miftahus Salimin Tawangsari. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, serta analisis dokumentasi. Dalam menganalisis datanya mengggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Konsep full day school adalah penggunaan metode yang tepat, penempatan tempat duduk siswa dengan memperhatikan aspek biologis siswa, pembelajaran yang berpusat indoor maupun outdoor.(2) Bentuk full day school meliputi a) waktu pelaksanaan pembelajaran mulai pukul 06.45 sampai 15.30 untuk kelas kecil dan pukul 06.45 sampai 13.30 untuk kelas besar. b) Pembelajaran Penanaman nilai-nilai agama dan pembelajaran umum di sekolah ini tak memungkiri pada ruang kelas dan tidak selalu di dalam mata pelajaran. Akan tetapi juga pada kegiatan-kegitan tambahan seperti pada apel pagi. Upaya penanaman nilai-nilai sopan santun dimulai sejak pagi lewat program morning greating. Selain kegiatan morning greating, MI Nurul Huda Krenceng dan MI Miftahus Salimin Tawangsari juga mengadakan program keagamaan yang diwajibkan kepada seluruh siswanya yaitu dengan menerapkan pembiasaan, di Mi Nurul Huda Krenceng yakni bermufasahah dengan bapak ibu guru, adzan, shalat dhuha, shalat dhuhur berjamaah, KBBS, melafalkan asmaul husna dan surat pendek serta membaca al-Qur’an sedangkan MI Miftahus Salimin Tawangsari yakni berwudhu, shalat dhuha, shalat dhuhur berjamaah, melafalkan surat pendek serta membaca al-Qur’an Salah satu upaya yang dilakukan lembaga untuk mengoptimalkan pembelajaran Agama adalah dengan mewajibkan semua siswa untuk hafal Jus 30 dan mewajibkan para siswa untuk mengikuti pelajaran KBBS (Kegiatan Bimbingan Belajar Shalat). 3)Hasil pendidikan full day school ini menghasilkan peserta didik yang memiliki pemahaman agama dan umum yang bagus dan seimbang, hal ini ditunjukan siswa lewat prestasi belajar yang bagus dan memuaskan. Adapun hasil lain dari full day school adalah peningkatan prilaku keagamaan antara lain : pembiasaan bermufasahah kepada bapak ibu guru, berwudhu, adzan, shalat dhuha, shalat dhuhur berjamaah, melaksanakan ibadah tanpa harus diperintah, melafalkan asmaul husna dan surat pendek , membaca al-Qur’an sesuai tajwid.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam |
Depositing User: | 1755154012 DIAN ROHMAWATI |
Date Deposited: | 08 Nov 2017 06:11 |
Last Modified: | 08 Nov 2017 06:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6450 |
Actions (login required)
View Item |