IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS NILAI PROFETIK DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU (Studi Multisitus di MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo dan MA Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo)

YULI UMRO'ATIN, 1890501220018 and PRIM MASROKAN MUTOHAR, 197206082002121001 and AHMAD TANZEH, 196906121999031003 (2025) IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS NILAI PROFETIK DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU (Studi Multisitus di MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo dan MA Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo). [ Disertasi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (633kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (650kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (629kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)

Abstract

Disertasi dengan judul “Implementasi Supervisi Akademik Berbasis Nilai Profetik Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo dan MA AlMawaddah Coper Jetis Ponorogo” ini ditulis oleh Yuli Umro’atin dengan Promotor Prof. Dr. H. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd.I. dan Prof. Dr. H. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata Kunci: Supervisi Akademik, Nilai Profetik, Profesionalisme Guru Konteks penelitian, bahwa MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo dan MA Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo, layak untuk diteliti karena kedua madrasah ini terakreditasi unggul, berada di bawah naungan pondok pesantren, yang memperlihatkan fakta-fakta keunikan dalam implementasi supervisi akademik berbasis nilai profetik untuk meningkatkan profesionalisme guru. Kedua lembaga ini juga sudah banyak menghasilkan guru yang profesional di bidangnya, dan masingmasing lembaga memiliki nilai-nilai yang menjadi basis dalam pelaksanaan semua aktivitas di dalamnya termasuk supervisi akademik. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana desain supervisi akademik berbasis nilai profetik dalam meningkatkan profesionalisme guru di MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo dan MA Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo? (2) Bagaimana strategi supervisi akademik berbasis nilai profetik dalam meningkatkan profesionalisme guru di MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo dan MA Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo? (3) Bagaimana evaluasi supervisi akademik berbasis nilai profetik dalam meningkatkan profesionalisme guru di MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo dan MA Al Mawaddah Coper Jetis Ponorogo? (4) Bagaimana tindak lanjut supervisi akademik berbasis nilai profetik dalam meningkatkan profesionalisme guru di MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo dan MA Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo?. Disertasi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kasus melalui multisitus, pengumpulan data melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data melalui situs tunggal dan analisis data lintas situs, dengan tahapan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data melalui uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian: 1) Desain supervisi akademik berbasis nilai profetik dalam meningkatkan profesionalisme guru di MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo dan MA Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo, disusun melalui beberapa langkah/proses, sebagai berikut: (a) Penyusunan dokumen supervisi akademik, dengan penuh tanggungjawab, keikhlasan, dan amanah. (b) Penetapan tujuan, teknik dan pendekatan yang akan digunakan dalam supervisi akademik, dengan mengutamakan akhlak mulia, bertanggung jawab, ikhlas, dan amanah. (c) Penetapan administratif dan sosialisasi dengan bersikap tegas, adil dan disiplin. (d) Penetapan tim Supervisor dengan komunikatif dan memberikan kebebasan berpendapat. (e) Kesepakatan dengan guru secara humanis. (f) Penetapan indikator guru profesional yang profetik. Desain supervisi akademik berlandaskan pada nilai-nilai profetik kenabian, shidiq, amanah, tabligh, fathanah, dan nilai profetik humanis, transendensi dan liberasi. 2) Strategi supervisi akademik berbasis nilai profetik dalam meningkatkan profesionalisme guru di MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo dan MA Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo, yaitu: (a) Teknik supervisi akademik secara individual dan kelompok berbasis profetik. Teknik individual profetik dilakukan melalui: kunjungan kelas, observasi kelas, dan pertemuan individual dengan berakhlak baik, mengucapkan salam ketika berkunjung ke dalam kelas, dan menjadi teladan bagi guru dan peserta didik. Supervisi akademik selalu dimulai dan diakhiri dengan membaca do’a/kalimat thayyibah. Teknik kelompok profetik, dengan mengadakan pertemuan, diskusi interaktif, workshop/seminar dan pelatihan guru, dengan bersikap tegas, disiplin, ramah dan sopan, bersikap adil dalam memberikan pembinaan, dan selalu mengingatkan kebaikan. (b) Pendekatan supervisi akademik berbasis nilai profetik, meliputi: (1) Pendekatan spiritual/religiusitas, dengan mengajak para guru untuk mengikuti kegiatan keagamaan guna mendukung peningkatan spiritualitasnya. (2) Pendekatan keteladanan, kepala madrasah memberikan contoh perilaku yang baik kepada guru, dan menanamkan kejujuran. (3) Pendekatan administratif dengan nilai profetik, dengan ta’hil maddah (koreksi materi), dan mengoreksi I’dad/persiapan ujian lisan pada materi pesantren. (4) Pendekatan problem solving, dengan membantu kesulitan guru dan diberikan solusi yang terbaik dengan mengutamakan keterbukaan dan saling menghargai. Strategi supervisi akademik tersebut dalam pelaksanaannya berlandaskan pada nilai-nilai profetik. 3) Evaluasi supervisi akademik berbasis nilai profetik dalam meningkatkan profesionalisme guru di MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo dan MA Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo, yaitu: (a) Guru mayoritas sudah termasuk guru profesional dengan sertifikat pendidik. (b) Guru sudah mampu menyusun rancangan pembelajaran dan menerapkannya dalam pembelajaran dengan kreativitas dan inovasi. (c) Guru sudah mampu menyampaikan materi dengan baik. (d) Guru sudah menerapkan nilai-nilai profetik seperti beriman dan bertakwa, kejujuran, bersikap ramah, disiplin, ikhlas, amanah, humanis, dan lain-lain. (e) Evaluasi terhadap guru ada yang masih kurang dan perlu perbaikan. (f) Evaluasi diri/muhasabah bagi guru. (g) Penilaian kinerja guru yang meliputi kedisiplinan dan keaktifan, dengan menyampaikan apa adanya dari hasil supervisi kunjungan kelas. 4) Tindak lanjut supervisi akademik berbasis nilai profetik dalam meningkatkan profesionalisme guru di MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo dan MA Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo, yang dilakukan sebagai wujud ibadah kepada Allah SWT dan peningkatan kualitas religiusitas, yaitu: (a) Perbaikan diri/muhasabah bagi guru, dengan menerapkan kejujuran, terbuka, dan memberi motivasi. (b) Keaktifan guru dalam kegiatan seminar/workshop, dan lokakarya, dengan penuh tanggungjawab. (c) Memberi motivasi kepada guru untuk mengembangkan kompetensinya, dengan mengikuti kegiatan pengembangan diri dengan penuh tanggungjawab. (d) Pemberian reward atau penghargaan kepada guru profesional dan berprestasi, dan peringatan bagi guru yang masih ada kekurangan dengan terus dibimbing, dan bersikap ramah, adil, dan humanis. (e) Pendidikan Profesi Guru, dengan bersikap humanis tanpa membeda-bedakan guru, dan amanah. (f) Mengadakan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi guru profesional, dengan amanah dan tanggungjawab.

Item Type: Disertasi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Kategori Pustaka > Agama > Non Muslim
Depositing User: 1890501220018 YULI UMRO'ATIN
Date Deposited: 02 Dec 2025 04:14
Last Modified: 02 Dec 2025 04:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64501

Actions (login required)

View Item View Item