STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA KAIN TENUN IKAT TELAGASARI

LITHA SEPTIANA NURKHASANAH PUTRI, 12405193079 and AHMAD SYAICHONI, 199101222018011002 (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA KAIN TENUN IKAT TELAGASARI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (641kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (323kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (577kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (428kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pengembangan Produk dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Kain Tenun Ikat Telagasari” ini ditulis oleh Litha Septiana Nurkhasanah Putri, NIM. 12405193079, dengan pembimbing oleh Ahmad Syaichoni. M. Sy. Kata Kunci: Strategi Pengembangan Produk, Volume Penjualan, UMKM Peneltian ini dilatar belakangi kondisi persaingan, sangat berbahaya bagi suatu usaha bila hanya mengandalkan produk yang ada tanpa adanya usaha tertentu untuk mengembangkannya. Oleh karena itu, setiap usaha di dalam mempertahankan dan meningkatkan penjualan dan memperluas pemasarannya, perlu mengadakan inovasi produk dan penyempurnaan produk yang dihasilkan ke arah yang lebih baik, sehingga dapat memberikan daya guna dan daya pemuas, serta daya tarik yang lebih besar. adalah usaha yang bergerak dibidang Kain Tenun yang sudah berdiri kurang lebih selama sepuluh tahun, sehingga sudah banyak pengalaman dalam proses pengembangan produk yang telah dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk menganalisis strategi pengembangan produk yang diterapkan oleh Kain Tenun Ikat Telagasari Trenggalek dalam meningkatkan volume penjualan; dan (2) untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung maupun menghambat proses pengembangan produk tersebut dalam mencapai tujuan peningkatan penjualan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dengan mengumpulkan data-data aktual yang relevan atau sumber data primer dan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi di Usaha Kain Tenun Ikat Telagasari Trenggalek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya pengembangan produk dalam meningkatkan volume penjualan di Usaha Kain Tenun Ikat Telagasari Trenggalek berkaitan erat dengan pengembangan produk dan penjualan. Hal ini dapat dilihat dari data penjualan yang cenderung banyak mengalami peningkatan. Karena dengan pengembangan produk usaha ini tidak akan mengalami penurunan penjualan yang terlalu banyak. Sebaliknya, pengembangan produk dapat membantu meningkatkan volume penjualan. Selain itu, terdapat faktor pendukung dan penghambat dari Usaha Dagang ini. Faktor pendukungnya yaitu: keinginan untuk menaikkan omset, mengikuti perkembangan trend sekarang, dan kemajuan teknologi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya ide atau gagasan dan mahalnya biaya proses pengembangan produk.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Kualitas Produk
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405193079 LITHA SEPTIANA NURKHASANAH PUTRI
Date Deposited: 04 Dec 2025 07:14
Last Modified: 04 Dec 2025 07:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64580

Actions (login required)

View Item View Item