MANAJEMEN KELAS DALAM MENUNJANG EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PAI DI SMP MAMBA’UL HISAN GANDUSARI BLITAR

YENY EKAWATI, 2811133279 (2017) MANAJEMEN KELAS DALAM MENUNJANG EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PAI DI SMP MAMBA’UL HISAN GANDUSARI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (253kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (242kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Kelas dalam Menunjang Efektivitas Pembelajaran PAI di SMP Mambaul Hisan Gondang Gandusari Blitar” ini ditulis oleh Yeny Ekawati, pembimbing Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M. Ag. Kata kunci : Manajemen Kelas, Efektivitas pembelajaran Penelitian ini dilatar belakangi oleh, untuk meningkatkan mutu pendidikan diperlukan peningkatan dan penyempurnaan dalam pendidikan yang berkaitan erat dengan peninngkatan mutu proses pembelajaran secara operasional yang berlangsung didalam kelas. Oleh karena itu, diperlukan manajemen kelas yang baik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dalam manajemen kelas, guru sebagai pemeran utama yang sangat menentukan hasil tidaknya siswa dalam dalam belajar, harus senantiasa memperhatikan dan menciptakan suasana kondusif di dalam kelas. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini (1) bagaimana implementasi manajemen kelas dalam menunjang efektivitas pembelajaran PAI di SMP Mambaul Hisan? (2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat manajemen kelas dalam menunjang efektivitas pembelajaran PAI di SMP Mambaul Hisan? (3) Bagaimana strategi guru dalam menunjang efektifitas pemebelajaran PAI di SMP Mambaul Hisan? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data, reduksi data, penyajian data, verifikasi. Dari hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa (1) implementasi manajemen kelas dalam menunjang efektifitas pembelajaran PAI di SMP Mambaul Hisan adalah (a) perencanaan: menyusun perangkat pembelajaran (b) pelaksanaan manajemen kelas dalam menunjang efektifitas pembelajaran : memotovasi siswa agar berkonsentrasi , mengkondisikan siswa agar siap belajar dikelas, memberikan stimulus agar aktif di kelas, menggunakan metode yang tepat dan bervariasi, mengguanakan media yang sesuai dengan materi yang disajikan, buku guru, Lembar Kerja Siswa (LKS), dan LCD proyektor, pola interaksi edukatif dan kreatif (2) faktor penghambat dalam proses pembelajaran adalah siswa dan lingkungan, dan faktor pendukungnya dalah tersedianya fasilitas sarana dan prasarana, terjalin interaksi yang baik antara guru dengan siswa (3) strategi yang dilakukan dalah mengkondisikan siswa untuk siap belajar dikelas, belajar berkonsentrasi, berinteraksi secara edukatif dan komunikatif, dan menggunakan media sesuai dengan materi yang disajikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133279 YENY EKAWATI
Date Deposited: 13 Nov 2017 04:19
Last Modified: 13 Nov 2017 04:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6463

Actions (login required)

View Item View Item