TRI LUTFI TOYYIBAH, 126210211043 and LILIS ANIFIAH ZULFA, 198512292023212040 (2025) STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS IKLAN DALAM VIDEO ENDORSEMENT TASYA FARASYA DI TIKTOK SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS IKLAN SMP KELAS VIII FASE D. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (496kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (501kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (413kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (525kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (604kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (598kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (538kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (287kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tri Lutfi Toyyibah, (2025) Struktur dan Kebahasaan Teks Iklan dalam Video Endorsement Akun Tasya Farasya sebagai Alternatif Bahan Ajar Teks Iklan SMP Negeri 3 Grogol Kediri. Skripsi, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitasi Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd. Kata Kunci : bahan ajar, teks iklan, video endorsement. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji struktur dan kebahasaan teks iklan dalam video endorsement akun Tasya Farasya sebagai alternatif bahan ajar teks iklan di SMP Negeri 3 Grogol Kediri. Video endorsement akun Tasya Farasya di Tiktok memuat struktur dan kebahasaan teks iklan yang dapat dijadikan alternatif bahan ajar di SMP. Media sosial Tiktok kini banyak digunakan oleh masyarakat, termasuk kalangan pelajar. Berdasarkan kenyataannya siswa cenderung kurang tertarik mempelajari teks iklan melalui buku teks. Video endorsement akun Tasya Farasya di Tiktok memuat struktur dan kebahasaan teks iklan yang dapat dijadikan alternatif bahan ajar di SMP. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif, yang bertujuan untuk mengetahui struktur dan kebahasaan teks iklan dalam video endorsement akun Tasya Farasya serta sebagai alternatif bahan ajar teks iklan SMP. Fokus pada penelitian ini yaitu mendeskripsikan struktur teks iklan dalam video endorsement akun Tasya Farasya, kebahasaan teks iklan dalam video endorsement akun Tasya Farasya, mendeskripsikan penggunaan video endorsement Tasya Farasya sebagai alternatif bahan ajar teks iklan siswa SMP. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, dan wawancara kepada guru SMP Negeri 3 Grogol Kediri. Analisis data melalui tahap pengumpulan data, reduksi data lalu penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian, ini ditemukan bahwa pada video endorsement akun Tasya Farasya mengandung struktur teks iklan, yaitu orientasi, tubuh iklan, dan justifikasi sebanyak 27 kutipan. Pada struktur orientasi terdapat 6 kutipan, 11 terdapat pada struktur tubuh iklan, dan 10 pada struktur justifikasi. Kebahasaan mengandung bahasa persuasif, direktif, berirama, dan berkesan positif. hasil penelitian terdapat 12 kutipan yang menunjukkan persuasif, 7 kutipan memiliki kebahasaan direktif, 2 kutipan berirama, dan 6 kutipan bahasa berkesan positif. Video endorsement akun Tasya Farasya telah memenuhi kriteria untuk dijadikan bahan ajar, informasi dari segi struktur serta kebahasaan yang menyesuaikan pada elemen berbahasa dan capaian pembelajaran. Hasil penelitian ini dapat menjadi bahan ajar yang bermanfaat bagi guru dan siswa dalam menunjang proses belajar untuk mencapai capaian pembelajaran yang diharapkan.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | 126210211043 TRI LUTFI TOYYIBAH |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 03:28 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 03:28 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64705 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
