STRATEGI KOPING GURU SLB DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SLB PGRI AMONG PUTRA

RITA INTAN MARLINA, 126308213238 and MALIK MAYA FAISATI, 198902212025212003 (2025) STRATEGI KOPING GURU SLB DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SLB PGRI AMONG PUTRA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (627kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (286kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena realitas di banyak sekolah luar biasa swasta di Indonesia, yang mempekerjakan guru non-PLB karena keterbatasan sumber daya guru lulusan Pendidikan Luar Biasa. Kondisi ini mengharuskan Sekolah Luar Biasa, khususnya sekolah swasta seperti SLB PGRI Among Putra, untuk merekrut guru dari latar belakang pendidikan umum atau non-PLB sebagai solusi atas keterbatasan tersebut. Guru-guru non-PLB yang mengajar di SLB sering kali menghadapi tantangan berat dari dalam dirinya maupun dari luar seperti saat proses pembelajaran maupun di luar proses pembelajaran. Fokus utama penelitian adalah pada penggunaan strategi koping pada guru SLB. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap lebih dalam terkait (1) tantangan yang dihadapi guru SLB dalam proses pembelajaran; (2) bentuk strategi koping apa saja yang diterapkan oleh guru SLB dalam mengelola permasalahan dan tantangan yang dialami; (3) faktor penentu penerapan strategi koping yang dilakukan oleh guru SLB. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, studi kasus dipilih karena fokus utama penelitian ini adalah mendalami secara intensif pengalaman para guru SLB dalam menghadapi tantangan dengan strategi koping dalam konteks kehidupan nyata. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara mendalam dengan lima partisipan yang dipilih sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Kriteria partisipan yaitu guru SLB yang memiliki latar belakang pendidikan non- PLB dan memiliki pengalaman mengajar di SLB kurang lebih 1 tahun. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis tematik melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Tantangan yang dihadapi oleh guru SLB berupa tantanga dari siswa, sistem administrasi, proses komunikasi, dan dari dirinya sendiri. (2) Guru SLB menggunakan problem-focused coping dan emotion-focused coping. Problem-focused coping tampak melalui upaya pencarian informasi, kolaborasi dengan rekan kerja, serta adaptasi metode pembelajaran. Sementara itu, emotional-focused coping diwujudkan dalam bentuk penerimaan diri, mencari dukungan emosional, serta pendekatan dari dalam diri sendiri. (3) Faktor penentu penerapan strategi koping mencakup kondisi siswa, dukungan teman sejawat, kesiapan emosional, motivasi pribadi, dan makna profesional yang ditemukan dalam pekerjaan. Hasil penelitian ini sesuai dengan teori Lazarus & Folkman tentang strategi koping. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pemahaman dan kesadaran diri guru SLB dalam penerapan strategi koping. Kata Kunci: Guru SLB, Pembelajaran, Strategi Koping

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi > Psikologi pendidikan
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 126308213238 RITA INTAN MARLINA
Date Deposited: 09 Dec 2025 01:54
Last Modified: 09 Dec 2025 01:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64719

Actions (login required)

View Item View Item