ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL PADA SISWA KELAS XI MIPA-2 MAN 3 BLITAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

REVITA FEBIANA, 12208193032 (2023) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL PADA SISWA KELAS XI MIPA-2 MAN 3 BLITAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (697kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (332kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (236kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Pemahaman Konsep Biologi Materi Struktur Dan Fungsi Sel Pada Siswa Kelas XI MIPA-2 MAN 3 Blitar Ditinjau Dari Gaya Belajar” yang ditulis Revita Febiana dengan NIM. 12208193032, pembimbing Muhammad Iqbal Filayani, M. Si. Kata Kunci: Analisis, Pemahaman Konsep, Materi Struktur dan Fungsi Sel, Gaya Belajar Penelitian ini dilatar belakangi karena mayoritas siswa di kelas XI MIPA MAN 3 Blitar masih mengalami kesulitan dalam mempelajari biologi terutama pada materi struktur dan fungsi sel. Siswa dalam kesehariannya hanya belajar dengan menghafalkan materi-materi dan tidak mengembangkan konsep materi yang telah diperolehnya sehingga sering kali menyatakan bahwasanya biologi sulit dan membosankan. Selain itu, pada kelas XI MIPA-2 di MAN 3 Blitar juga belum pernah dilakukan analisis mengenai gaya belajar siswa baik secara visual, auditorial, maupun kinestetik. Padahal gaya belajar sangat diperlukan untuk mengetahui cara belajar yang efektif dalam menyampaikan materi untuk siswa. Tujuan Penelitian ialah: 1) untuk mendeskripsikan pemahaman konsep pada materi struktur dan fungsi sel siswa kelas XI MIPA-2 MAN 3 Blitar ditinjau dari gaya belajar visual, 2) Untuk mendeskripsikan pemahaman konsep pada materi struktur dan fungsi sel siswa kelas XI MIPA-2 MAN 3 Blitar ditinjau dari gaya belajar auditorial, 3) Untuk mendeskripsikan pemahaman konsep pada materi struktur dan fungsi sel siswa kelas XI MIPA-2 MAN 3 Blitar ditinjau dari gaya belajar kinestetik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang dilakukan pada kelas XI MIPA-2 di MAN 3 Blitar yang berada di Jalan Ponpes A-Kamal, Dusun Cemandi, Desa Kunir Wonodadi Blitar. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, penyebaran angket, dan tes. Subjek penelitian terdiri dari 6 orang dengan rincian 2 orang dengan gaya belajar visual, 2 orang dengan gaya belajar auditorial, 2 orang dengan gaya belajar kinestetik. Teknik analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, Conclusion Drawing/verification. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan/ keajegan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa 1) Siswa dengan gaya belajar visual menunjukan perbedaan pencapaian indikator antara kedua subjek. Hal tersebut terlihat pada subjek AA yang hanya mampu memenuhi 5 dari 7 yakni menafsirkan, mencontohkan, mengklasifikasikan, menyimpulkan, membandingkan dan kurang mampu memenuhi kategori merangkum dan menjelaskan makna konsep. Sedangkan subjek FER mampu memenuhi semua kategori indikator pemahaman konsep. 2) Siswa dengan gaya belajar auditorial terdapat perbedaan pencapaian indikator, yaitu pada subjek JA hanya mampu memenuhi 4 dari 7 indikator, yakni menafsirkan, mencontohkan, mengklasifikasikan, membandingkan dan kurang mampu dalam merangkum, menyimpulkan, dan menjelaskan makna konsep. Sedangkan subjek SHDFS mampu memenuhi semua kategori indikator pemahaman konsep. 3) Siswa dengan gaya belajar kinestetik terdapat perbedaan pencapaian indikator. Perbedaan tersebut terlihat pada subjek RHA hanya mampu memenuhi 5 dari 7 indikator yakni menafsirkan, mencontohkan, mengklasifikasikan, merangkum, membandingkan, dan kurang mampu dalam menyimpulkan dan menjelaskan makna konsep. Sedangkan subjek ARM mampu memenuhi semua kategori indikator pemahaman konsep. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwasanya gaya belajar baik melalui visual, auditorial, dan kinestik ada yang sudah mencapai indikator pemahaman konsep secara menyeluruh dan ada yang belum. Akan tetapi siswa yang belummemenuhi pemahaman konsep hanya beberapa indikator saja yang belum tercapai.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Biologi > Sel
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208193032 REVITA FEBIANA
Date Deposited: 09 Dec 2025 02:44
Last Modified: 09 Dec 2025 02:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64772

Actions (login required)

View Item View Item