PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI BIOTEKNOLOGI SISWA KELAS X DI MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR

DEVI FATIMATU UDHMA ASHARI, 126208211044 and ARBAUL FAUZIAH, 199105102019032032 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI BIOTEKNOLOGI SISWA KELAS X DI MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (701kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (441kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar pada Materi Bioteknologi Siswa Kelas X di MA Ma’arif Udanawu Blitar” disusun oleh Devi Fatimatu Udhma Ashari. NIM.126208211044. Pembimbing Arbaul Fauziah, M.Si. Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep Latar belakang penelitian ini disebabkan karena rendahnya pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Biologi karena pembelajaran yang terlalu berpusat pada guru (Teacher Centered Learning), mengakibatkan kurangnya siswa dalam memamhami pemahaman konsep dan mengeksplorasi lebih dalam suatu materi. kurangnyaa pemahamaan konsep siswa dalam kegiatan pembelajaran yang mengakibatkan turunnya motivasi belajar. Berdasarkan permasalah tersebut diperlukan penelitian tentang penggunaan yang metode pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa juga dapat meningkat. Salah satu metode belajar dapat menggunakan pendekatan Inkuiri Terbimbing yang memiliki kelebihan berupa dapat membantu siswa memahami konsep lebih baik, dan menjadikan guru sebagai fasilitator dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1)Mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep pada materi bioteknologi siswa kelas X di MA Ma'arif Udanawu Blitar.(2)Mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap motivasi belajar materi bioteknologi siswa kelas X di MA Ma'arif Udanawu Blitar.(3)Mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar materi bioteknologi siswa kelas X di MA Ma'arif Udanawu Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Gruop Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X MA Ma'arif Udanawu Blitar yang terdiri dari kelas X-A sampai X-O, teknik pengambilan sampel yang digunkan dalam penelitian ini adalah Non-probability Sampling dengan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini, sampel yang diambil oleh peneliti yaitu dua kelas berupa kelas X-C berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X-D berjumlah 30 siswa sebagai kelas ekperimen. Instrumen pada penelitian ini berupa soal pretest dan postest, lembar angket motivasi dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan uji persyaratan (uji normalitas, uji homogenitas), uji hipotesis (uji Independen T-test dan uji manova). Hasil dari penelitian ini menunjukkan hasil berupa: (1) Adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep pada materi bioteknologi kelas X di MA Ma’arif Udanawu Blitar berupa uji T-test menunjukan nilai t = 6,699, df= 58 dan angka sig (2-tailed)atau p-value = 0.000 < 0.05 (2) Tidak ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap motivasi belajar materi bioteknologi kelas X di MA Ma’arif Udanawu Blitar berupa uji T-test menunjukan nilai t = 0,625, df= 58 dan angka sig (2-tailed)atau p-value = 0,535 > 0.05. Karena ,pada kelas eksperimen yang mempunyai nilai rendah yaitu pada indikator lingkungan belajar siswa sedangkan pada kelas kontrol yang mempunyai nilai rendah pada indikator kondisi siswa. (3) Adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar materi bioteknologi kelas X MA Ma’arif Udanawu Blitar berupa uji MANOVA menunjukan nilai sig pada hasil 0.000 < 0.05, nilai sig pada pemahaman konsep 0.000 dan nilai sig. Pada pemahaman konsep dan motivasi belajar 0.000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Motivasi Belajar
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208211044 DEVI FATIMATU UDHMA ASHARI
Date Deposited: 09 Dec 2025 03:24
Last Modified: 09 Dec 2025 03:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64796

Actions (login required)

View Item View Item