SABRINA KENZA ANANDITA ADELYA, 126205211062 and SUTOPO, 197805092008011012 (2025) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI MI RIYADLOTUL UQUL DOROAMPEL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (371kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (204kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (355kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (248kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Pemanfaatan Media Pembelajaran Kartu Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Matematika Peserta Didik di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Tulungagung”. Ditulis oleh Sabrina Kenza Anandita Adelya, NIM. 126205211062, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran Kartu Angka, Kemampuan Kognitif Matematika Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan kognitif matematika peserta didik di madrasah. Kurangnya variasi media pembelajaran membuat proses belajar kurang menarik, sehingga penggunaan media kartu angka dipilih sebagai alternatif untuk membantu peserta didik memahami konsep matematika dengan lebih mudah dan menyenangkan. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana pemanfaatan media pembelajaran kartu angka dalam proses pembelajaran matematika di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Tulungagung? (2) Bagaimana pengalaman peserta didik dalam menggunakan media pembelajaran kartu angka untuk belajar matematika di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Tulungagung? dan (3) Bagaimana perspektif guru mengenai efektivitas media pembelajaran kartu angka dalam meningkatkan kemampuan kognitif matematika peserta didik di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Tulungagung?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pemanfaatan media pembelajaran kartu angka dalam pembelajaran matematika di kelas I MI Riyadlotul Uqul Doroampel Tulungagung terbukti efektif meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik karena membantu mereka memahami konsep angka, lambang bilangan, dan urutan bilangan secara konkret, bertahap, dan menyenangkan, serta sesuai dengan tahapan perkembangan berpikir anak menurut teori Bruner yang mendukung proses belajar dari pengalaman langsung menuju pemahaman abstrak secara optimal. (2) Pengalaman peserta didik dalam menggunakan media pembelajaran kartu angka menunjukkan respons yang sangat positif, karena media ini memberikan pengalaman belajar yang konkret, menyenangkan, dan interaktif, sehingga mempermudah pemahaman konsep abstrak, mendorong keterlibatan aktif, meningkatkan motivasi belajar, serta memperkuat daya ingat, sesuai dengan teori Kerucut Pengalaman Edgar Dale yang menekankan pentingnya pengalaman langsung dalam proses belajar. (3) Guru memandang media pembelajaran kartu angka sebagai media yang efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik karena mampu menarik perhatian, mendorong partisipasi aktif, serta membantu memahami konsep abstrak secara konkret, sejalan dengan teori Kerucut Pengalaman Edgar Dale, dengan catatan efektivitasnya sangat bergantung pada kreativitas guru dalam menyusun strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan tujuan belajar peserta didik.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan Islam Pendidikan > Peserta Didik Pendidikan > Pendidikan Islàm |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
| Depositing User: | 126205211062 SABRINA KENZA ANANDITA ADELYA |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 03:48 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 03:48 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64801 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
