ANALISIS POLA ASUH PENGASUH TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI DENGAN STIMULUS DI DAYCARE EL KHALIFAH KEDUNGWARU TULUNGAGUNG JAWA TIMUR

DWI VIRGYANTI, 126206201019 (2024) ANALISIS POLA ASUH PENGASUH TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI DENGAN STIMULUS DI DAYCARE EL KHALIFAH KEDUNGWARU TULUNGAGUNG JAWA TIMUR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (524kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (272kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan Judul “Analisis Pola Asuh Pengasuh Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini dengan Stimulus di Daycare El Khalifah Kedungwaru Tulungagung Jawa Timur”. Ini ditulis.oleh Skripsi, Dwi Virgyanti, NIM. 126206201019, dengan pembimbing Germino Wahyu Broto, M. Si. Kata kunci: Pola asuh, perkembangan bahasa, anak usia dini, stimulus, daycare, El Khalifah, Tulungagung Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya pola asuh pengasuh yang responsif dan stimulatif memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan bahasa anak usia dini. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya peran pengasuh dalam memberikan stimulasi bahasa yang tepat di lingkungan daycare, yang dapat mendukung perkembangan komunikasi anak secara optimal. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pengasuh, orang tua, dan praktisi pendidikan anak usia dini untuk meningkatkan kualitas pengasuhan dan stimulasi bahasa di daycare, guna mendukung tumbuh kembang anak yang lebih baik. Permasalahan yang menjadi pertanyaan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pola asuh pengasuh pada perkembangan bahasa anak usia dini di Daycare El- Khalifah? Bagaimana hasil perkembangan bahasa anak yang di terapkan pengasuh Daycare El- Khalifah? Bagaimana faktor penghambat pola asuh terhadap perkembangan bahasa anak yang di terapkan pengasuh Daycare El-Khalifah? Tujuan yang ingin peneliti tuju adalah mengetahui bagaimana pola asuh pengasuh pada perkembangan bahasa anak usia dini di Daycare El-Khalifah, bagaimana hasil perkembangan bahasa anak yang di terapkan pengasuh Daycare El-Khalifah, bagaimana faktor penghambat pola asuh terhadap perkembangan bahasa anak yang di terapkan pengasuh Daycare El- Khalifah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi langsung terhadap kegiatan yang dilakukan pengasuh dan anak-anak, wawancara mendalam dengan pengasuh serta orang tua, serta analisis dokumentasi terkait perkembangan bahasa anak di daycare. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2024. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, pengasuh, anak-anak usia dini (2-6 tahun) yang diasuh di Daycare El-Khalifah, dan orang tua anak-anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara, yang mana sumber data diperoleh dari hasil wawancara dengan guru, observasi lingkungan daycare, dokumentasi, jurnal, buku, dan penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengasuh di Daycare El Khalifah menerapkan pola asuh demokratis yang responsif dan komunikatif, yang memungkinkan anak-anak untuk berkembang melalui interaksi verbal yang aktif dan konstruktif. Pengasuh memberikan berbagai stimulus bahasa seperti berbicara langsung dengan anak, membacakan cerita, mengajak anak bermain sambil berbicara, serta memperkenalkan kosakata baru dalam kegiatan sehari-hari. Stimulasi ini berdampak positif terhadap perkembangan bahasa anak, di mana anak-anak menunjukkan peningkatan kemampuan berbicara, pemahaman kosakata, dan keterampilan sosial yang lebih baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Mutu Pendidikan
Pendidikan > PAUD
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 126206201019 DWI VIRGYANTI
Date Deposited: 10 Dec 2025 07:07
Last Modified: 10 Dec 2025 07:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64823

Actions (login required)

View Item View Item