PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS 11 PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MA DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

SILFI AZMI NABILA, 126201212190 and ZAINI FASYA, 197004082007011029 (2025) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS 11 PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MA DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik Kelas 11 Pada Mata Pelajaran Fikih di MA Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Silfi Azmi Nabila, NIM. 126201212190. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Dibimbing oleh Dr.H.Zaini Fasya, S.Ag.,M.Pd.I. Kata Kunci: Penerapan Model Problem Based Learning (PBL),Kemampuan berfikir kreatif, Mata pelajaran fikih Penelitian ini dilatarbelakangi Rendahnya kreativitas belajar peserta didik menjadi salah satu penyebab tidak tercapainya tujuan pembelajaran. Kurangnya perhatian dan minat belajar membuat proses pembelajaran tidak efektif. Untuk itu, pendidik perlu menciptakan suasana belajar yang menarik dengan pendekatan yang tepat. Fokus penelitian ini adalah Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik Kelas 11 Pada Mata Pelajaran Fikih di MA Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Pertanyaan peneliti ini adalah: 1) Apakah ada perbedaan tingkat kemampuan berfikir kreatif peserta didik kelas 11 pada mata pelajaran fikih di MA Darul Falah sebelum dan sesudah penerapan Problem Based Learning menggunakan metode Pre-test dan Post-test?, 2) Apakah ada perbedaan tingkat kemampuan berfikir kreatif peserta didik kelas 11 pada mata pelajaran fikih di MA Darul Falah sebelum dan sesudah penerapan Problem Based Learning menggunakan metode Pre-test dan Post-test?. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas belajar peserta didik kelas 11 pada mata pelajaran Fikih di MA Darul Falah setelah penerapan model Problem Based Learning dan menganalisis perbedaan tingkat kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas 11 pada mata pelajaran Fikih di MA Darul Falah sebelum dan sesudah penerapan model PBL dengan menggunakan metode pre-test dan post-test. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental design yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Fikih di MA Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung melalui penerapan model PBL. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, tes (pre-test dan post-test), serta dokumen. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik Uji Paired Sample Test untuk melihat perbandingan kreativitas peserta didik sebelum dan sesudah pelaksanaan PBL. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kreatif peserta didik setelah penerapan model Problem-Based Learning (PBL). Selisih rata-rata antara nilai pre-test dan post-test sebesar 20,375 dengan nilai signifikansi < 0,001, menunjukkan peningkatan yang nyata. Selain peningkatan nilai, peserta didik juga lebih aktif, berani menyampaikan pendapat, dan mampu menyelesaikan masalah secara kreatif. Temuan ini membuktikan bahwa model PBL efektif dalam meningkatkan kreativitas belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Fikih di MA Darul Falah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212190 SILFI AZMI NABILA
Date Deposited: 10 Dec 2025 07:32
Last Modified: 10 Dec 2025 07:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64831

Actions (login required)

View Item View Item