M. JA'FAR BAIHAQI, 126302211007 and ABDUL AZIZ FARADI, 198404142014031004 (2025) REPRODUKSI IDEOLOGI DALAM BUKU AJAR EKONOMI SMA DITINJAU MELALUI PERSPEKTIF TEORI IDEOLOGI LOUIS ALTHUSSER. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (272kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (192kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (403kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (639kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (259kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (459kB) |
Abstract
Penelitian ini berupaya memetakan reproduksi ideologi yang ada dalam buku ajar ekonomi SMA kelas XI dan XII edisi kurikulum merdeka belajar yang diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Kemendikbud. Penelitian ini berpijak pada pengandaian khas Althusserian bahwa pendidikan adalah ideological state apparatuses yang akan selalu menjalankan mekanisme ideologis untuk mereproduksi tatanan sosial yang telah dominan. Sehingga pendidikan beserta segala hal yang terlibat di dalamnya, termasuk kurikulum dan buku ajar sudah dan akan selalu bersifat ideologis. Oleh karena hal semacam ini, fokus dan tujuan dari penelitian ini adalah 1. Memetakan konteks sosial-politis dari kurikulum merdeka, kurikulum yang mengerangkai buku ajar ekonomi. 2. Mengautopsi mekanisme reproduksi ideologi dalam buku ajar ekonomi SMA. 3. Menganalisis mekanisme reproduksi ideologi tersebut melalui teori ideologi Louis Althusser. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka dan analisis wacana model Norman Fairclough. Hasil dari penelitian ini adalah 1. Konteks sosial-politik yang mengondisikan kurikulum merdeka belajar adalah pemerintahan yang beraroma kuat developmentalisme dan neoliberalisme. 2. Ideologi dominan yang direproduksi melalui buku ajar ekonomi adalah ideologi kapitalisme dan neoliberalisme. 3. Teori ideologi Althusser melihat bahwa reproduksi ideologi dalam buku ajar bekerja melalui mekanisme interpelasi, naturalisasi, dan pembentukan citra baik negara, serta melalui dominasi pengetahuan tehnik atas pengetahuan etis dan emansipatoris.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Filsafat > Filsafat Barat |
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Filsafat Agama |
| Depositing User: | 126302211007 M. JA'FAR BAIHAQI |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 06:53 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 06:53 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64949 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
