REPRODUKSI IDEOLOGI DALAM BUKU AJAR EKONOMI SMA DITINJAU MELALUI PERSPEKTIF TEORI IDEOLOGI LOUIS ALTHUSSER

M. JA'FAR BAIHAQI, 126302211007 and ABDUL AZIZ FARADI, 198404142014031004 (2025) REPRODUKSI IDEOLOGI DALAM BUKU AJAR EKONOMI SMA DITINJAU MELALUI PERSPEKTIF TEORI IDEOLOGI LOUIS ALTHUSSER. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (272kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)

Abstract

Penelitian ini berupaya memetakan reproduksi ideologi yang ada dalam buku ajar ekonomi SMA kelas XI dan XII edisi kurikulum merdeka belajar yang diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Kemendikbud. Penelitian ini berpijak pada pengandaian khas Althusserian bahwa pendidikan adalah ideological state apparatuses yang akan selalu menjalankan mekanisme ideologis untuk mereproduksi tatanan sosial yang telah dominan. Sehingga pendidikan beserta segala hal yang terlibat di dalamnya, termasuk kurikulum dan buku ajar sudah dan akan selalu bersifat ideologis. Oleh karena hal semacam ini, fokus dan tujuan dari penelitian ini adalah 1. Memetakan konteks sosial-politis dari kurikulum merdeka, kurikulum yang mengerangkai buku ajar ekonomi. 2. Mengautopsi mekanisme reproduksi ideologi dalam buku ajar ekonomi SMA. 3. Menganalisis mekanisme reproduksi ideologi tersebut melalui teori ideologi Louis Althusser. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka dan analisis wacana model Norman Fairclough. Hasil dari penelitian ini adalah 1. Konteks sosial-politik yang mengondisikan kurikulum merdeka belajar adalah pemerintahan yang beraroma kuat developmentalisme dan neoliberalisme. 2. Ideologi dominan yang direproduksi melalui buku ajar ekonomi adalah ideologi kapitalisme dan neoliberalisme. 3. Teori ideologi Althusser melihat bahwa reproduksi ideologi dalam buku ajar bekerja melalui mekanisme interpelasi, naturalisasi, dan pembentukan citra baik negara, serta melalui dominasi pengetahuan tehnik atas pengetahuan etis dan emansipatoris.

Item Type: Skripsi
Subjects: Filsafat > Filsafat Barat
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Filsafat Agama
Depositing User: 126302211007 M. JA'FAR BAIHAQI
Date Deposited: 11 Dec 2025 06:53
Last Modified: 11 Dec 2025 06:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64949

Actions (login required)

View Item View Item