PENGARUH PENGUASAAN KOMPETENSI AKIDAH AKHLAK PADA ASPEK KOGNITIF DAN ASPEK AFEKTIF TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI MA AL-HIKMAH LANGKAPAN SRENGAT BLITAR

CHANDRA WULANDARI, 2811133054 (2017) PENGARUH PENGUASAAN KOMPETENSI AKIDAH AKHLAK PADA ASPEK KOGNITIF DAN ASPEK AFEKTIF TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI MA AL-HIKMAH LANGKAPAN SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (940kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (220kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (165kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (342kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (644kB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (99kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Chandra Wulandari, NIM. 2811133054. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung dengan judul “Pengaruh Penguasaan Kompetensi Akidah Akhlak Pada Aspek Kognitif dan Aspek Afektif terhadap Perilaku Keagamaan Siswa di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar”, Dosen Pembimbing H. Abdulloh Chakim, M.Pd, NIP. 19730107 199803 1 003 Kata kunci : Kompetensi Akidah Akhlak, Aspek Kognitif, Aspek Afektif, Perilaku Keagamaan Siswa Penelitian ini ditulis dengan mengajukan rumusan masalah sebagai berikut : 1) Adakah pengaruh penguasaan kompetensi Akidah Akhlak pada aspek kognitif terhadap perilaku keagamaan siswa kelas XI di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar ? 2) Adakah pengaruh penguasaan kompetensi Akidah Akhlak pada aspek afektif terhadap perilaku keagamaan siswa kleas XI di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar? 3) Adakah pengaruh penguasaan kompetensi Akidah Akhlak pada aspek kognitif dan aspek afektif terhadap perilaku keagamaan siswa kelas XI di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar? Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penguasaan kompetensi Akidah Akhlak pada aspek kognitif terhadap perilaku keagamaan siswa kelas XI di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar, 2) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penguasaan kompetensi Akidah Akhlak pada aspek afektif terhadap perilaku keagamaan siswa kelas XI di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar, 3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penguasaan kompetensi akidah akhlak pada aspek kognitif dan aspek afektif terhadap perilaku kegamaan siswa kelas XI di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 66 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi bukan penelitian sampel. Pengumpulan data variabel penguasaan kompetensi Akidah Akhlak pada aspek kognitif menggunakan tes berbentuk pilihan ganda, untuk variabel penguasaan kompetensi akidah akhlak pada aspek afektif menggunakan angket skala likert, dan untuk variabel perilaku keagamaan siswa dengan menggunakan angket skala likert. Validitas instrumen tes dan angket diuji dengan rumus korelasi product moment. Uji reliabilitas tes ini diuji dengan rumus Alpha Conbrach. Uji prasyarat analisis linearitas dan multikolinearitas diuji sebelum uji hipotesis. Sedangkan uji hipotesis diuji dengan analisis regresi ganda. Hasil penelitian : (1) kemampuan kognitif dalam kategori sangat baik dengan rentang skor 0-100. Kemampuan kognitif tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perilaku keagamaan siswa ditunjukkan dari thitung < ttabel (0.989 < 1.998). Nilai signifikansi t untuk variabel penguasaan kompetensi Akidah Akhlak pada aspek kognitif adalah 0.326 dan nilai tersebut lebih besar daripada probabilitas 0.05 (0.326 > 0.05). Dengan demikian, pengujian menunjukkan Ho diterima Ha ditolak. (2) kemampuan afektif dalam kategori sangat baik dengan rata-rata 0-92. Kemampuan afektif tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perilaku keagamaan siswa ditunjukkan dari thitung < ttabel ( -0.320 < 1.998). Nilai signifikansi t untuk variabel penguasaan kompetensi Akidah Akhlak pada aspek afektif adalah 0.750 dan nilai tersebut lebih besar daripada probabilitas 0.05 (0.750 > 0.05). Dengan demikian, pengujian menunjukkan Ho diterima Ha ditolak. (3) Tidak Ada pengaruh yang signifikan antara penguasaan kompetensi Akidah Akhlak pada aspek kognitif dan aspek afektif terhadap perilaku keagamaan siswa kelas XI MA Al-hikmah Langkapan Srengat Blitar yang ditunjukkan dari nilai Fhitung (0.557) < Ftabel (3.99) dan tingkat signifikansi 0.575 > 0.05. Dengan demikian Ho diterima Ha ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133054 CHANDRA WULANDARI
Date Deposited: 20 Nov 2017 03:07
Last Modified: 20 Nov 2017 03:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6504

Actions (login required)

View Item View Item