NUZULIN ANNURIA HIDAYATI, 126204212116 and LINA MUAWANAH, 1991031620161080 (2025) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII MTsN 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (526kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (454kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (283kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (597kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (653kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (499kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (583kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (254kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar” ini ditulis oleh Nuzulin Annuria Hidayati, NIM. 126204212116, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Jurusan Tadris Matematika, Universitas Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Lina Muawanah, M.Pd. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi, Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif, Persamaan Garis Lurus Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa dalam pembelajaran matematika. Salah satu penyebabnya adalah strategi pembelajaran yang kurang tepat. Strategi pembelajaran berdiferensiasi dapat menjadi solusi karena menyesuaikan proses belajar dengan potensi masing-masing siswa. Dengan strategi ini, siswa dapat berkembang sesuai kemampuannya, berpikir logis, dan menemukan solusi yang inovatif. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adanya pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berfikir kritis siswa MTsN 1 Kota Blitar, (2) untuk mengetahui adanya pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa MTsN 1 Kota Blitar, (3) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berfikir kritis siswa MTsN 1 Kota Blitar, (4) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa MTsN 1 Kota Blitar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif jenis quasi eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar Tahun Ajaran 2024/2025. Sedangkan sampelnya menggunakan kelas VIII – A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII – H sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Adapun uji yang digunakan pada penelitian ini adalah uji instrumen, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada materi persamaan garis lurus kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar, (2) ada pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa pada materi persamaan garis lurus kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar, (3) Besar pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada materi persamaan garis lurus kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar adalah 0,685 yang termasuk kedalam kategori cukup / sedang, (4) Besar pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa pada materi persamaan garis lurus kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar adalah 0,581 yang termasuk kedalam kategori cukup / sedang.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Matematika |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
| Depositing User: | 126204212116 NUZULIN ANNURIA HIDAYATI |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 07:54 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 07:54 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65072 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
