PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII MTsN 1 KOTA BLITAR

NUZULIN ANNURIA HIDAYATI, 126204212116 and LINA MUAWANAH, 1991031620161080 (2025) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII MTsN 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (526kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (454kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (597kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar” ini ditulis oleh Nuzulin Annuria Hidayati, NIM. 126204212116, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Jurusan Tadris Matematika, Universitas Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Lina Muawanah, M.Pd. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi, Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif, Persamaan Garis Lurus Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa dalam pembelajaran matematika. Salah satu penyebabnya adalah strategi pembelajaran yang kurang tepat. Strategi pembelajaran berdiferensiasi dapat menjadi solusi karena menyesuaikan proses belajar dengan potensi masing-masing siswa. Dengan strategi ini, siswa dapat berkembang sesuai kemampuannya, berpikir logis, dan menemukan solusi yang inovatif. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adanya pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berfikir kritis siswa MTsN 1 Kota Blitar, (2) untuk mengetahui adanya pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa MTsN 1 Kota Blitar, (3) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berfikir kritis siswa MTsN 1 Kota Blitar, (4) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa MTsN 1 Kota Blitar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif jenis quasi eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar Tahun Ajaran 2024/2025. Sedangkan sampelnya menggunakan kelas VIII – A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII – H sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Adapun uji yang digunakan pada penelitian ini adalah uji instrumen, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada materi persamaan garis lurus kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar, (2) ada pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa pada materi persamaan garis lurus kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar, (3) Besar pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada materi persamaan garis lurus kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar adalah 0,685 yang termasuk kedalam kategori cukup / sedang, (4) Besar pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa pada materi persamaan garis lurus kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar adalah 0,581 yang termasuk kedalam kategori cukup / sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204212116 NUZULIN ANNURIA HIDAYATI
Date Deposited: 15 Dec 2025 07:54
Last Modified: 15 Dec 2025 07:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65072

Actions (login required)

View Item View Item