MAR’ATUS SHOLEKHA, 12103183092 and SATRIO WIBOWO, 199106172019031018 (2025) PENERAPAN STANDAR PELAYANAN MINIMUM DI STASIUN KERETA API DALAM PERSPEKTIF MAQA>S}ID AL-INSA>NIYYAH (Studi Kasus di Stasiun Tulungagung). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (445kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (202kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (312kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Mar’atus Sholekha, 12103183092, “Penerapan Standar Pelayanan Minimum di Stasiun Kereta Api dalam Perspektif Maqa>s}id al-Insa>niyyah” (Studi Kasus Di Stasiun Tulungagung“, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2025. Pembimbing: Satrio Wibowo, M.H Kata Kunci : Peraturan Menteri, Standar Pelayanan Minimum Kereta Api Latar belakang dalam Penerapan standar pelayanan minimum di stasiun kereta api lebih rinci diatur dalam pasal 5 ayat (1) Permenhub Nomor 63 Tahun 2019 Tentang Standar Pelayanan Minimum untuk Angkutan Orang dengan Kereta Api di stasiun, meliputi: keselamatan, keamanan, kehandalan, kenyamanan, kemudahan, dan kesetaraan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :1) Bagaimana Penerapan Standar Pelayanan Minimum di Stasiun kereta api Tulungagung? 2) Bagaimana penerapan standar pelayanan minimum di stasiun kereta api Tulungagung dalam perspektif maqa>s}id al-Insa>niyyah? Adapun tujuan penelitiannya adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana standar pelayanan minimum di stasiun kereta api Tulungagung? 2) Untuk mengetahui bagaimana penerapan standar pelayanan minimum di stasiun kereta api Tulungagung dalam perspektif maqa>s}id al-Insa>niyyah? Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan jenis Obeservasi (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan, penyajian data dan penarikan kesimpulan data, Teknik keabsahan data digunakan dalam penelitian ini adalah Tringulasi yang menggabungkan dari dua teknik pengumpulan data yaitu dari hasil wawancara beberapa responden dan dari sumber lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) belum optimal dikarenakan kondisi di stasiun yang menjadi lokasi dalam penelitian terdapat beberapa fasilitas yang belum sesuai dengan standarisasinya. Ada beberapa fasilitas di Stasiun Tulungagung yang belum tersedia dan juga ada beberapa fasilitas yang sudah tersedia namum belum sesuai dengan yang ada pada lampiran Permenhub Nomor 63 Tahun 2019 Tentang Standar Pelayanan Minimum untuk Angkutan Orang dengan Kereta Api 2) Konsep maqa>s}id al-Insa>niyyah sebagaimana dirumuskan oleh Jamaluddin Athiyah, pelayanan publik idealnya harus berorientasi pada pemeliharaan martabat dan kebutuhan dasar manusia. Hal ini mencakup perlindungan jiwa (hifz al-nafs), pemeliharaan akal dan informasi (hifz al-‘aql), serta penghormatan terhadap keberagaman dan keadilan akses (hifz al-‘ird dan hifz al-nafs).
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Hukum > Hukum Tata Negara |
| Divisions: | Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara |
| Depositing User: | 12103183092 MAR'ATUS SHOLEKHA |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 05:19 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 05:19 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65087 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
