SASMITA SEPTY, 126205211065 and SITI ZUMROTUL MAULIDA, 196308172014112003 (2025) PENGARUH MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I DI MI ROUDLOTUL MUTA’ALLIMIN PAGERSARI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (637kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (283kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (220kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (320kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (254kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Kartu Kata Bergambar Pada Awal Permulaan Membaca Kelas I di MI Roudlotul Muta’allimin Pagersari.” ini ditulis oleh Sasmita Septy, NIM. 126205211065, dengan pembimbing skripsi Dr. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I. Kata kunci : kartu kata bergambar, media pembelajaran, membaca permulaan, siswa kelas I Rata – rata memiliki kemampuan yang rendah,oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I Sekolah Dasar. Kemampuan membaca permulaan merupakan keterampilan dasar yang sangat penting untuk mendukung proses belajar siswa pada jenjang berikutnya. Namun, dalam praktiknya, banyak siswa mengalami kesulitan dalam mengenali huruf, menggabungkan suku kata, serta memahami makna kata secara menyeluruh. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang menarik dan efektif untuk membantu meningkatkan kemampuan tersebut. Salah satu media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media kartu kata bergambar. Fokus penelitian ini adalah mengkaji pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I Sekolah Dasar. Penelitian ini memusatkan perhatian pada bagaimana media visual yang menggabungkan gambar dan kata dapat membantu siswa dalam mengenali huruf, menggabungkan suku kata menjadi kata utuh, serta memahami makna kata melalui asosiasi visual. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas media kartu kata bergambar dalam menunjang proses belajar membaca pada tahap awal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas I. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes membaca sebelum dan sesudah perlakuan, yaitu penggunaan media kartu kata bergambar dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan setelah penggunaan media kartu kata bergambar. Data menunjukkan perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest yang dianalisis melalui uji-t.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu kata bergambar berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I di MI Roudlotul Muta’allimin Pagersari.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
| Depositing User: | 126205211065 SASMITA SEPTY |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 07:40 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 07:40 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65113 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
