IMPLEMENTASI POJOK LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK DI MI AL-MA’ARIF GENDINGAN KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

INTAN DEA APRIL LIA, 126205212106 and AHMAD ARIF MUSYAFA', 199011092025211010 (2025) IMPLEMENTASI POJOK LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK DI MI AL-MA’ARIF GENDINGAN KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (700kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (241kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Pojok Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di MI Al-Ma’arif Gendingan Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Intan Dea April Lia, NIM. 126205212106, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan yang dibimbing oleh Ahmad Arif Musyafa’, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Pojok Literasi, Minat Baca Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat baca peserta didik di MI Al-Ma’arif Gendingan masih tergolong rendah, salah satu upaya yang dilakukan sekolah untuk menumbuhkan budaya literasi adalah dengan menyediakan pojok literasi. Di MI Al-Ma’arif Gendingan pojok literasi telah ada sejak 2022, namun belum dimanfaatkan secara maksimal. Banyak peserta didik yang menganggap pojok literasi hanya sebagai pajangan buku, lebih memilih bermain daripada membaca, serta kurangnya bahan pustaka yang menarik dan bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan implementasi pojok literasi dalam meningkatkan minat baca peserta didik di MI Al-Ma'arif Gendingan, 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan implementasi pojok literasi dalam meningkatkan minat baca peserta didik di MI Al-Ma'arif Gendingan, 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi implementasi pojok literasi dalam meningkatkan minat baca peserta didik di MI Al-Ma'arif Gendingan. Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi yang dilakukan di MI Al-Ma’arif Gendingan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 59 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar wawancara dan angket skala likert untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pojok literasi mendukung Gerakan Literasi Sekolah namun menghadapi kendala seperti keterbatasan dana dan koleksi buku. 2) Program pojok literasi aktif sejak 2022 melalui kegiatan baca rutin sebelum pelajaran, didukung peran guru dan interaksi antar siswa. 3) Evaluasi dilakukan secara informal melalui observasi dan daftar hadir kunjungan, dan hasil angket yang menunjukkan minat baca siswa sangat tinggi (85,08%). Penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pojok literasi di MI Al-Ma’arif Gendingan memberikan dampak positif dalam meningkatkan minat baca siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205212106 INTAN DEA APRIL LIA
Date Deposited: 16 Dec 2025 07:50
Last Modified: 16 Dec 2025 07:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65115

Actions (login required)

View Item View Item