STRATEGI PROMOSI PENDIDIKAN DALAM MENGINGKATKAN MINAT PESERTA DIDIK BARU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 6 BLITAR

PUTRI NUR AZIZAH, 126207213135 and LABIB MUZAKI SHOBIR, 198004162025211003 (2025) STRATEGI PROMOSI PENDIDIKAN DALAM MENGINGKATKAN MINAT PESERTA DIDIK BARU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 6 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (277kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (164kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Promosi Pendidikan Dalam Meningkatkan Minat Peserta Didik Baru Di MTsN 6 Blitar” ditulis oleh Putri Nur Azizah, NIM. 126207213135 Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Bapak Labib Muzaki Shobir, S. Hum., M. Pd. I. Kata Kunci: Strategi Promosi Pendidikan, Minat Peserta Didik, Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya strategi promosi sebagai bagian dari upaya lembaga pendidikan dalam menarik minat peserta didik baru, terutama di tengah persaingan yang semakin kompetitif antar sekolah. MTsN 6 Blitar sebagai salah satu madrasah negeri perlu menerapkan strategi promosi yang terencana dan berkelanjutan agar dapat menjangkau masyarakat secara luas dan meningkatkan jumlah pendaftar setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1) perencanaan strategi promosi pendidikan dalam meningkatkan minat peserta didik di MTsN 6 Blitar; 2) Pengorganisasian promosi pendidikan dalam meningkatkan minat peserta didik baru di MTsN 6 Blitar; 3) pelaksanaan promosi pendidikan dalam meningkatkan minat peserta didik baru di MTsN 6 Blitar dan; 4) evaluasi promosi pendidikan dalam meningkatkan minat peserta didik baru di MTsN 6 Blitar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman, yang meliputi tiga tahapan utama: kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan strategi promosi dilakukan secara sistematis dengan melibatkan kepala madrasah, guru, wakil kepala, dan komite madrasah, melalui pembentukan tim, penyusunan anggaran, penentuan target sasaran, serta pemilihan media promosi; 2) Pengorganisasian promosi pendidikan dilakukan secara sistematis melalui pembentukan struktur organisasi promosi yang ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) kepala madrasah, dilanjutkan dengan rapat koordinasi dan pembagian tugas kepada semua unsur yang terlibat agar tidak terjadi tumpang tindih peran; 3) pelaksanaan promosi dilakukan oleh seluruh warga madrasah dengan memanfaatkan media online seperti Instagram, Facebook, TikTok, YouTube, dan WhatsApp, serta media offline berupa banner, brosur, kunjungan ke SD/MI, dan penyelenggaraan event olimpiade. Strategi ini juga dilengkapi dengan pemberian beasiswa dan pembebasan tes seleksi bagi siswa berprestasi; 4) evaluasi dilakukan setelah PPDB selesai sebagai bahan refleksi terhadap efektivitas promosi, mengidentifikasi kendala, serta merumuskan perbaikan strategi untuk tahun berikutnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207213135 PUTRI NUR AZIZAH
Date Deposited: 22 Dec 2025 03:36
Last Modified: 22 Dec 2025 03:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65208

Actions (login required)

View Item View Item