PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SDN PUHRUBUH 1 KEDIRI

ANANDA PUTRI ASHRI, 126205213222 and MUSRIKAH, 197909102006042001 (2025) PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SDN PUHRUBUH 1 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (847kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (331kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Teknik Pembelajaran Brainstorming Terhadap Hasil Belajar dan Komunikasi Matematis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matamatika kelas V di SDN Puhrubuh 1 Kediri” ini ditulis oleh Ananda Putri Ashri, NIM. 126205213222, dengan pembimbing Dr. Musrikah, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Brainstorming, hasil belajar, komunikasi matematis, matematika, SD. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada mata pelajaran matematika, khususnya di kelas V SDN Puhrubuh 1 Kediri. Hal ini disebabkan oleh masih dominannya metode pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan keaktifan peserta didik. Oleh karena itu, diperlukan penerapan teknik pembelajaran yang inovatif, salah satunya adalah teknik brainstorming. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik pembelajaran brainstorming terhadap hasil belajar dan komunikasi matematis peserta didik pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment) berbentuk nonequivalent control group design. Subjek penelitian terdiri dari kelas eksperimen yang menggunakan teknik brainstorming dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian meliputi tes hasil belajar (pretest dan posttest) serta lembar analisis komunikasi matematis. Analisis data dilakukan menggunakan uji independent sample t-test dan MANOVA dengan bantuan program SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh signifikan teknik pembelajaran brainstorming terhadap hasil belajar matematika peserta didik, (2) terdapat pengaruh signifikan teknik brainstorming terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik, dan (3) terdapat pengaruh signifikan teknik brainstorming secara simultan terhadap hasil belajar dan komunikasi matematis peserta didik. Pembahasan hasil penelitian memperkuat teori konstruktivisme yang menekankan peran aktif peserta didik dalam membangun pengetahuan melalui diskusi dan interaksi, serta teori NCTM yang menekankan pentingnya komunikasi matematis dalam pembelajaran. Penelitian ini juga mendukung hasil penelitian terdahulu yang menunjukkan efektivitas brainstorming dalam meningkatkan hasil belajar dan komunikasi matematis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah teknik pembelajaran brainstorming efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar dan komunikasi matematis peserta didik kelas V SDN Puhrubuh 1 Kediri. Saran yang diberikan adalah guru dapat menjadikan teknik brainstorming sebagai alternatif dalam merancang pembelajaran matematika yang lebih interaktif dan partisipatif. Selain itu, peneliti selanjutnya diharapkan dapat menerapkan teknik ini pada jenjang dan materi lain untuk melihat efektivitas lebih lanjut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205213222 ANANDA PUTRI ASHRI
Date Deposited: 22 Dec 2025 01:31
Last Modified: 22 Dec 2025 01:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65243

Actions (login required)

View Item View Item