ANANDA PUTRI ASHRI, 126205213222 and MUSRIKAH, 197909102006042001 (2025) PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SDN PUHRUBUH 1 KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (847kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (331kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (355kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (377kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (838kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (239kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Teknik Pembelajaran Brainstorming Terhadap Hasil Belajar dan Komunikasi Matematis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matamatika kelas V di SDN Puhrubuh 1 Kediri” ini ditulis oleh Ananda Putri Ashri, NIM. 126205213222, dengan pembimbing Dr. Musrikah, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Brainstorming, hasil belajar, komunikasi matematis, matematika, SD. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada mata pelajaran matematika, khususnya di kelas V SDN Puhrubuh 1 Kediri. Hal ini disebabkan oleh masih dominannya metode pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan keaktifan peserta didik. Oleh karena itu, diperlukan penerapan teknik pembelajaran yang inovatif, salah satunya adalah teknik brainstorming. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik pembelajaran brainstorming terhadap hasil belajar dan komunikasi matematis peserta didik pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment) berbentuk nonequivalent control group design. Subjek penelitian terdiri dari kelas eksperimen yang menggunakan teknik brainstorming dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian meliputi tes hasil belajar (pretest dan posttest) serta lembar analisis komunikasi matematis. Analisis data dilakukan menggunakan uji independent sample t-test dan MANOVA dengan bantuan program SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh signifikan teknik pembelajaran brainstorming terhadap hasil belajar matematika peserta didik, (2) terdapat pengaruh signifikan teknik brainstorming terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik, dan (3) terdapat pengaruh signifikan teknik brainstorming secara simultan terhadap hasil belajar dan komunikasi matematis peserta didik. Pembahasan hasil penelitian memperkuat teori konstruktivisme yang menekankan peran aktif peserta didik dalam membangun pengetahuan melalui diskusi dan interaksi, serta teori NCTM yang menekankan pentingnya komunikasi matematis dalam pembelajaran. Penelitian ini juga mendukung hasil penelitian terdahulu yang menunjukkan efektivitas brainstorming dalam meningkatkan hasil belajar dan komunikasi matematis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah teknik pembelajaran brainstorming efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar dan komunikasi matematis peserta didik kelas V SDN Puhrubuh 1 Kediri. Saran yang diberikan adalah guru dapat menjadikan teknik brainstorming sebagai alternatif dalam merancang pembelajaran matematika yang lebih interaktif dan partisipatif. Selain itu, peneliti selanjutnya diharapkan dapat menerapkan teknik ini pada jenjang dan materi lain untuk melihat efektivitas lebih lanjut.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Peserta Didik |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
| Depositing User: | 126205213222 ANANDA PUTRI ASHRI |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 01:31 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 01:31 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65243 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
