MOHAMMAD RIZAL HANAFI, 12401173499 (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA DI BMT MUAMALAH TULUNGAGUNG DAN BMT ISITIQOMAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (224kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (222kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (664kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (525kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (907kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (451kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul "Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Pengetahuan Produk Terhadap Loyalitas Anggota di BMT Muamalah Tulungagung dan BMT Istiqomah Tulungagung" yang ditulis oleh Mohammad Rizal Hanafi, Jurusan Perbankan Syariah, NIM. 12401173499, Pembimbing Ahmad Budiman, M.S.I Penelitian ini dilatar belakangi oleh BMT yang berlandaskan prinsip syariah di dalamnya menawarkan transaksi yang tidak berlandaskan pada konsep bunga diharapkan untuk lebih optimal melayani kalangan masyarakat kecil. Kotler juga menyatakan bahwa terdapat hubungan yang erat kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan. Tjiptono menyampaikan sebagaimana kualitas pelayanan dirasakan oleh pelanggan dengan cara membandingkan persepsi pelanggan atas pelayanan nyata yang mereka terima. Pengetahuan produk dalam ini informasi yang disimpan dalam ingatan anggota tentang berbagai macam produk dan jasa atau layanan. Semakin tinggi tingkat pengetahuan yang dimiliki anggota semakin tinggi keyakinan dan kepercayaan anggota terhadap lembaga sehingga kepercayaan ini menginvestasikan dananya yang dimiliki serta menjadi loyal terhadap BMT. BMT Muamalah Tulungagung dan BMT Istiqomah Tulungagung menjadi salah satu wadah masyarakat yang dipilih untuk menghimpunkan dananya dan melakukan pembiayaan di kedua BMT tersebut karena dari setiap tahunnya kedua BMT tersebut mengalami peningkatkan jumlah anggota dengan ini semakin meningkatnya persaingan yang ketat pula dalam menjalankan BMT maka pihak BMT perlu memberikan pelayanan terbaik dan pengetahuan produk agar mampu mempertahankan loyalitas anggotanya. Tujuan dari penelitian ini untuk 1) menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas anggota di BMT Muamalah Tulungagung dan BMT Istiqomah Tulungagung; 2) menganalisis pengaruh pengetahuan produk terhadap loyalitas anggota di BMT Muamalah Tulungagung dan BMT Istiqomah Tulungagung; 3) menganalisis pengaruh pengetahuan produk terhadap loyalitas anggota di BMT Muamalah Tulungagung dan BMT Istiqomah Tulungagung. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota di BMT Muamalah Tulungagung dan anggota di BMT Istiqomah Tulungagung. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan metode insidental sampling. Pada penelitian ini untuk menentukan besar jumlah sampel dengan rumus solvin diperlukan masing-masing 100 responden dari BMT Muamalah Tulungagung dan BMT Istiqomah Tulungagung Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota BMT Muamalah Tulungagung dan BMT Istiqomah Tulungagung, pengetahuan produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota BMT Muamalah Tulungagung dan BMT Istiqomah Tulungagung, kualitas pelayanan dan pengetahuan produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota BMT Muamalah Tulungagung dan BMT Istiqomah Tulungagung Kata Kunci : BMT, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Anggota Pengetahuan Produk
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Ekonomi > Bank Syariah Ekonomi > Kualitas Produk Ekonomi > Nasabah Ekonomi > Perbankan Syariah |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
| Depositing User: | 12401173499 MOHAMMAD RIZAL HANAFI |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 02:08 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 02:08 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65256 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
