NUR HIDAYATUL LATIFAH, 12204183152 and MUNIRI, 196811302006041009 (2025) PEMBERIAN SCAFFOLDING UNTUK MENGATASI KESALAHAN MENURUT WATSON DALAM MENGERJAKAN SOAL MATERI PERBANDINGAN DI MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (281kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (250kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (313kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (672kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Pemberian Scaffolding Untuk Mengatasi Kesalahan Menurut Watson Dalam Mengerjakan Soal Materi Perbandingan di MTs Assyafi’iyah Gondang”, ini ditulis oleh Nur Hidayatul Latifah, NIM.12204183152, Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Muniri,M.Pd. Kata Kunci : Kesalahan Menurut Watson, Perbandingan, Soal Cerita Matematika Scaffolding Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya intensitas kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Kesalahan tersebut berasal dari faktor internal siswa, seperti kurangnya pemahaman terhadap informasi soal, ketelitian, keterampilan, serta kebiasaan tergesa-gesa, maupun faktor dari guru. Salah satu bantuan yang dapat diberikan untuk mengatasi kesalahan tersebut adalah scaffolding. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan jenis kesalahan siswa berdasarkan kriteria Watson; (2) mendeskripsikan bentuk pemberian scaffolding dalam mengurangi kesalahan siswa Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis dua kali, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A MTs Assyafi’iyah Gondang. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, triangulasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) siswa melakukan empat jenis kesalahan menurut kriteria Watson, yaitu Data Tidak Tepat (Inappropriate Data), Prosedur Tidak Tepat (Inappropriate Procedure), Manipulasi Tidak Langsung (Undirected Manipulation), dan Selain Ketujuh Kategori di Atas (Above Other). Kesalahan-kesalahan tersebut berdampak pada munculnya kesalahan dalam menarik kesimpulan; 2) Bentuk scaffolding yang diberikan meliputi Reviewinguntuk mengatasi kesalahan Data Tidak Tepat (Inappropriate Data), Restructuringuntuk mengatasi kesalahan Prosedur Tidak Tepat (Inappropriate Procedure), dan Explaining untuk mengatasi kesalahan Manipulasi Tidak Langsung (Undirected Manipulation), dan Selain Ketujuh Kategori di Atas (Above Other)
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Matematika |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
| Depositing User: | 12204183152 NUR HIDAYATUL LATIFAH |
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 01:21 |
| Last Modified: | 23 Dec 2025 01:21 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65299 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
