IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA KARAKTER GOTONG ROYONG SISWA DI SMPN 1 TULUNGAGUNG

GUNTUR RISKY MUSTOFA, 126207212065 and HARIS SYAMSUDDIN, 1988050620161071 (2025) IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA KARAKTER GOTONG ROYONG SISWA DI SMPN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (414kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (227kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (721kB)

Abstract

Penelitian ini didorong oleh urgensi penanaman karakter gotong royong sebagai dimensi krusial Profil Pelajar Pancasila, mengingat nilai ini seringkali belum terefleksi komprehensif dalam perilaku siswa di luar ranah kognitif. Signifikansi gotong royong sebagai nilai fundamental menuntut perwujudan dari pemahaman hingga perilaku nyata. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengkaji secara komprehensif bagaimana P5 di SMPN 1 Tulungagung mengintegrasikan dan mengembangkan ketiga dimensi moral Thomas Lickona. Fokus penelitian mencakup: (1) Bagaimana implementasi P5 dalam meningkatkan moral knowing siswa pada sikap gotong royong di SMPN 1 Tulungagung? (2) Bagaimana implementasi P5 dalam mengembangkan moral feeling siswa pada sikap gotong royong di SMPN 1 Tulungagung? dan (3) Bagaimana implementasi P5 dalam mendorong moral action siswa dalam sikap gotong royong di SMPN 1 Tulungagung? Penelitian kualitatif dengan studi kasus ini mengumpulkan data melalui observasi, wawancara mendalam dengan Waka Kurikulum, Koordinator Guru P5, Guru Fasilitator, dan siswa. Analisis data menggunakan model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Keabsahan data dicek melalui triangulasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) moral knowing, proses ini melibatkan perencanaan P5 yang cermat, strategi edukasi konseptual oleh guru fasilitator, partisipasi aktif siswa dalam diskusi konsep, serta pemanfaatan rubrik penilaian untuk refleksi pemahaman. (2) Dimensi moral feeling, implementasi P5 berupaya menciptakan suasana pembelajaran positif, menggunakan pendekatan kontekstual untuk memicu empati dan apresiasi terhadap kolaborasi, serta memberikan umpan balik yang menguatkan emosi positif kolektif siswa. (3) moral action, proses P5 melibatkan penugasan proyek kolaboratif aktif, pengembangan keterampilan pemecahan masalah secara kolektif, peningkatan inisiatif dan ketekunan dalam bekerja sama, serta fasilitasi interaksi yang mendorong perluasan perilaku gotong royong ke luar konteks kelas. Keseluruhan proses ini bertujuan untuk menginternalisasi gotong royong dari pemahaman hingga tindakan nyata yang konsisten.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207212065 GUNTUR RISKY MUSTOFA
Date Deposited: 22 Dec 2025 08:46
Last Modified: 22 Dec 2025 08:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65313

Actions (login required)

View Item View Item