PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKIDAH AHKLAK SISWA KELAS VIII DI MTsN PUCANGLABAN TULUNGAGUNG

ABIDATUN NA’IMAH, 2811133006 (2017) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKIDAH AHKLAK SISWA KELAS VIII DI MTsN PUCANGLABAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (772kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (86kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Abidatun Na’imah, NIM : 2811133006. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan judul : “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Akidah Ahklak Siswa Kelas VIII di MTsN Pucanglaban Tulungagung”, Dosen Pembimbing H. Abdulloh Chakim, M.Pd, NIP. 19730107 199803 1 003 Kata kunci : Gaya Belajar, Gaya Belajar Visual, Gaya Belajar Audotorial, Gaya Belajar Kinestetik, dan Prestasi Belajar Gaya belajar dapat mempengaruhi gaya belajar, maka penelitian tentang hubungan gaya belajar dengan prestasinya perlu dilakukan, dan dalam penelitaian ini peneliti bermaksud mengungkap gaya belajar siswa kelas VIII di MTsN Pucanglaban Tulungagung yang kemudian dicari hubungannya dengan prestasi belajar siswa tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh antara gaya belajar visual dengan prestasi prestasi Akidah Ahklak siswa kelas VIII di MTsN Pucanglaban Tulungagung? (2) Apakah ada pengaruh antara gaya belajar audiotorial dengan prestasi prestasi Akidah Ahklak siswa kelas VIII di MTsN Pucanglaban Tulungagung?(3) Apakah ada pengaruh antara gaya belajar kinestetik dengan prestasi prestasi Akidah Ahklak siswa kelas VIII di MTsN Pucanglaban Tulungagung?(4) Apakah ada perbedaan prestasi Akidah Ahklak dari siswa dengan gaya belajar visual, audiotorial, kinestetik siswa kelas VIII di MTsN Pucanglaban Tulungagung? Tujuan dalam penelitian ini mengetahui: (1) Untuk mengetahui pengaruh antara gaya belajar visual dengan prestasi prestasi Akidah Ahklak siswa kelas VIII di MTsN Pucanglaban Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh antara gaya belajar audiotorial dengan prestasi prestasi Akidah Ahklak siswa kelas VIII di MTsN Pucanglaban Tulungagung.(3) Untuk mengetahui pengaruh antara gaya belajar kinestetik dengan prestasi prestasi Akidah Ahklak siswa kelas VIII di MTsN Pucanglaban Tulungagung. (4) Untuk mengetahui perbedaan prestasi Akidah Ahklak dari siswa dengan gaya belajar visual, audiotorial, kinestetik siswa kelas VIII di MTsN Pucanglaban Tulungagung. Metode peneletian yang diguanakan menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII berjumlah 161 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak sampel dalam penelitian sebanyak 40 siswa ditentukan dengan tehnik random sampling. Pengumpulan data variabel gaya belajar menggunakan angket dan dokumentasi. Validitas instrument angket diuji dengan rumus korelasi product moment. uji reliabilitas tes diuji angket menggunakan rumus Alpha Conbrach. Uji persyaratan analisis normalitas dan linearitas diuji sebelum uji hipotesis. Sedangkan uji hipotesis diuji dengan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Adanya pengaruh gaya belajar visual dengan prestasi Akidah Ahklak siswa kelas VIII dengan hasil signifikan 2.173 ≥ 2.028 α =0.05 sig =0.036. (2) Adanya pengaruh gaya belajar audiotorial dengan prestasi Akidah Ahklak siswa kelas VIII dengan hasil signifikan 2.108 ≥ 2.028 α =0.05 sig =0.042. (3) Adanya pengaruh gaya belajar visual dengan prestasi Akidah Ahklak siswa kelas VIII dengan hasil signifikan 2.101 ≥ 2.028 α =0.05 sig =0.043. (4) Ada hubungan gaya belajar terhadap prestasi Akidah Ahklak siswa kelas VIII dengan hasil yang signifakan X1= 0,036, X2=0,042 dan X3= 0,043. Adanya perbedaan gaya belajar yang lebih tinggi yaitu X3= diantara X1 dan X2 dengan hasil signifikan X3= 0,043.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133006 ABIDATUN NA’IMAH
Date Deposited: 21 Nov 2017 01:38
Last Modified: 21 Nov 2017 01:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6536

Actions (login required)

View Item View Item