ANALISIS PENALARAN MATEMATIS BERDASARKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS SISWA KELAS VIII SMPN 2 KADEMANGAN

EFRIDA RISTINA, 126204213195 and SUTOPO, 197805092008011012 (2025) ANALISIS PENALARAN MATEMATIS BERDASARKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS SISWA KELAS VIII SMPN 2 KADEMANGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (608kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Efrida Ristina, 126204213195. 2025. Analisis Penalaran Matematis Berdasarkan Pemahaman Konsep pada Materi Persamaan Garis Lurus Siswa Kelas VIII SMPN 2 Kademangan. Skripsi Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi Dr. Sutupo, M.Pd. Kata Kunci : Penalaran Matematis, Pemahaman Konsep, Persamaan Garis Lurus Penalaran matematis merupakan kemampuan yang melibatkan cara berpikir logis, analitis, dan kritis, serta melibatkan kemampuan dalam membuat dan mengevaluasi suatu argumen yang dapat melatih siswa dalam menyusun pemikitan yang matematis dan argumentasi yang kuat. Sedangkan pemahaman konsep merupakan kemampuan siswa dalam menjelaskan berbagai konsep yang dijelaskan dalam ekspresi matematika. Dalam penelitian ini, meneliti penalaran matematis berdasarkan pemahaman konsep pada materi persamaan garis lurus. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan penalaran matematis siswa berdasarkan pemahaman konsep tinggi. (2) Mendeskripsikan penalaran matematis siswa berdasarkan pemahaman konsep sedang. (3) Mendeskripsikan penalaran matematis siswa berdasarkan penahaman konsep rendah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 2 subjek pemahaman konsep tinggi, 2 subjek pemahaman konsep sedang, 2 subjek pemahaman konsep rendah. Penelitian dilakukan di SMPN 2 Kademangan Blitar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes pemahaman konsep, tes penalaran matematis, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah mengorganisasi data dan mempersiapkan data, membaca data secara menyeluruh, koding data, mengembangkan tema, menyajikan data dalam narasi deskriptif, dan menafsirkan makna data. Hasil penelitian menunjukkan (1) Subjek mampu memenuhi keempat indikator penalaran matematis dengan baik, menyusun langkah penyelesaian secara sistematis, serta memberikan penjelasan logis yang menunjukkan pemahaman yang mendalam terhadap permasalahan. (2) Subjek 3 cukup dapat memenuhi sebagian besar indikator, meskipun belum sepenuhnya dalam menarik kesimpulan dan menguji kebenaran argumen. Sedangakan, Subjek 4 melakukan kesalahan dalam mengindentifikasi gradien dan tidak mampu menunjukkan kemampuan menarik kesimpulan logis. (3) Subjek 5 hanya mampu memenuhi dua indikator, yaitu dalam mengajukan perkiraan logis dan melakukan operasi matematika. Sedangkan Subjek 6 hanya mampu memenuhi satu indikator yaitu melakukan operasi matematika.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204213195 EFRIDA RISTINA
Date Deposited: 24 Dec 2025 03:32
Last Modified: 24 Dec 2025 03:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65370

Actions (login required)

View Item View Item