Upaya Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru PAI yang Belum Tersetifikasi Di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar

Anindhita Chumaida, 2811133033 (2017) Upaya Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru PAI yang Belum Tersetifikasi Di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (804kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (254kB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (327kB) | Preview
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (243kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (229kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Upaya Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru PAI yang Belum Tersetifikasi Di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar” ini ditulis oleh Anindhita Chumaida, NIM. 2811133033, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang di bimbing oleh Hj. Siti Nur Farida Laila, MA. Kata kunci : Upaya Sekolah, Kompetensi Guru PAI Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pendidikan Islam pada masa kini yang dihadapkan pada tantangan zaman. Dalam menghadapi tantangan tersebut tidak terlepas dari peran seorang guru. Sebab guru merupakan salah satu pilar utama keberhasilan dunia pendidikan yang akan melahirkan output yang berkualitas. Kompetensi yang mumpuni sangat dibutuhkan guru, dimana salah satunya ditandai dengan sertifikasi guru, tapi pada faktanya masih banyak guru yang belum tersertifikasi, seperti di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat. Peningkatan kompetensi itu sendiri, menjadi tanggung jawab lembaga dan pemerintah. Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana upaya sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogig guru PAI yang belum tersertifikasi di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat? (2) Bagaimana upaya sekolah dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru PAI yang belum tersertifikasi di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat? (3) Bagaimana upaya sekolah dalam meningkatkan kompetensi sosial guru PAI yang belum tersertifikasi di MA Al- Hikmah Langkapan Srengat? (4) Bagaimana upaya sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru PAI yang belum tersertifikasi di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui upaya sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogig, kepribadian, sosial, dan professional guru PAI yang belum tersertifikasi di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah person, paper, place. Metode pengumpulan data meliputi : metode observasi partisipan, metode wawancara mendalam, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif meliputi : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data yaitu dengan cara meningkatkan ketekunan, triangulasi sumber dan tehnik serta mengadakan member chek. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan beberapa metode di atas memperoleh hasil bahwa : (1) Upaya sekolah dalam neningkatkan kompetensi pedagogig guru PAI yang belum tersertifikasi dilakukan melalui kegiatan : workshop, seminar, diklat, MGMP, supervisi konvensional, evaluasi kerja, IHT (In House Training). (2) Upaya sekolah dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru PAI yang belum tersertifikasi dilakukan melalui kegiatan : : Pembinaan melalui kegiatan rapat dan supervisi, dan pembinaan dengan memberikan keteladanan. (3) Upaya sekolah dalam meningkatkan kompetensi sosial guru PAI yang belum tersertifikasi dilakukan melalui kegiatan : pertemuan wali murid sebagai upaya meningkatkan kemampuan berkomunikasi guru dengan orang tua siswa, rapat guru sebagai upaya meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan teman sejawat, dan pembinaan dari kepala sekolah melalui kegiatan supervisi. (4) Upaya sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru PAI yang belum tersertifikasi, melalui kegiatan : supervisi,diklat, MGMP, dan workshop.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133033 Anindhita Chumaida
Date Deposited: 23 Nov 2017 01:46
Last Modified: 23 Nov 2017 01:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6612

Actions (login required)

View Item View Item