STRATEGI GURU PEMBIMBING EKSTRAKURIKULER ROBOTIK DALAM MENANAMKAN KECERDASAN SPIRITUAL DI MTs AL-MA’ARIF PONDOK PESANTREN SALAFIYAH AS-SYAFI’IYAH PANGGUNG TULUNGAGUNG

LULUK NUR HIDAYAH JATI KUSUMA, 2811133133 (2017) STRATEGI GURU PEMBIMBING EKSTRAKURIKULER ROBOTIK DALAM MENANAMKAN KECERDASAN SPIRITUAL DI MTs AL-MA’ARIF PONDOK PESANTREN SALAFIYAH AS-SYAFI’IYAH PANGGUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Luluk Nur Hidayah Jati Kusuma, NIM 2811133133, dengan judul “Strategi Guru Pembimbing Ekstrakurikuler Robotik Dalam Menanamkan Kecerdasan spiritual di MTs Al-Ma’arif Pondok Pesantren Salafiyah As-Syafi’iyah Panggung Tulungagung” Kata Kunci: Kecerdasan Spiritual, Ekstrakurikuler Robotik Kecerdasan spiritual adalah implementasi dari kecerdasan intelektual dan emosi. Maksudnya adalah kecerdasan intelektual dan emosi akan lebih terarah ke tempat yang benar dengan adanya kecerdasan spiritual. Maka peran dan strategi guru sangat diperlukan dalam menanamkan dan menumbuhkan kecerdasan spiritual melalui ekstrakurikuler robotik. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui strategi guru pembimbing ekstrakurikuler robotik dalam menanamkan kecerdasan spiritual pada nilai kejujuran, tawadhu’ dan ta’awun. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru pembimbing ekstrakurikuler robotik dalam menanamkan kecerdasan spiritual pada nilai kejujuran di MTs Al-Ma’arif Pondok Pesantren Salafiyah As-Safi’iyyah Panggung Tulungagung?, (2) Bagaimana strategi guru pembimbing ekstrakurikuler robotik dalam menanamkan kecerdasan spiritual pada nilai tawadhu’ di MTs Al-Ma’arif Pondok Pesantren Salafiyah As-Safi’iyyah Panggung Tulungagung?, (3) Bagaimana strategi guru pembimbing ekstrakurikuler robotik dalam menanamkan kecerdasan spiritual pada nilai ta’awun di MTs Al-Ma’arif Pondok Pesantren Salafiyah As-Safi’iyyah Panggung Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini ada 4 subjek. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian: 1). Strategi guru pembimbing ekstrakurikuler robotik dalam menanamkan kecerdasan spiritual pada nilai kejujuran di MTs Al-Ma’arif Pondok Pesantren Salafiyah As-Safi’iyyah Tulungagung adalah prtama, guru menanamkan nilai kejujuran yang dimulai dari diri sendiri yakni dengan memberikan suri tauladan yang baik kepada peserta didiknya. Kedua, kejujuran dimulai dan dilatih dari hal yang paling kecil. Ketiga, cara mengajar guru pembimbing santai tapi serius. Dengan demikian anak akan terbiasa disiplin, jujur dan bertanggung jawab. 2). Strategi guru pembimbing ekstrakurikuler robotik dalam menanamkan kecerdasan spiritual pada nilai tawadhu’ di MTs Al-Ma’arif Pondok Pesantren Salafiyah As-Safi’iyyah Tulungagung adalah pertama, membuat jalinan keluarga. Kedua, memberi arahan atau pengertian bahwa tawadhu’ itu penting. Ketiga, memberi pemahaman bahwa semua yang kita miliki tidak ada yang perlu disombongkan karena semua hanya titipan dan bersifat sementara. 3). Strategi guru pembimbing ekstrakurikuler robotik dalam menanamkan kecerdasan spiritual pada nilai ta’awun di MTs Al-Ma’arif Pondok Pesantren Salafiyah As-Safi’iyyah Tulungagung adalah pertama, mengajarkan untuk menjadi tim yang dapat bekerja sama dengan baik, memiliki rasa saling tolong-menolong, menghargai, saling memberikan rasa nyaman, serta saling memaafkan sehingga terjalin sebuah kekeluargaan. Kedua, guru pembimbing menciptakan suasana yang menyenangkan pada ekstrakurikuler robotik. Karena dengan demikian anak akan mudah ditanamkan nilai-nilai kebaikan dan mudah diajak berbuat baik kepada sesama.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133133 LULUK NUR HIDAYAH JATI KUSUMA
Date Deposited: 24 Nov 2017 06:18
Last Modified: 24 Nov 2017 06:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6645

Actions (login required)

View Item View Item