UPAYA PREVENTIF GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI DAMPAK NEGATIF PERKEMBANGAN INTERNET PADA PESERTA DIDIK MIN TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG

FARIDA ANI WAHYUNI, 2817133051 (2017) UPAYA PREVENTIF GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI DAMPAK NEGATIF PERKEMBANGAN INTERNET PADA PESERTA DIDIK MIN TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (225kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Preventif Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Dampak Negatif Perkembangan Internet pada Peserta Didik MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Farida Ani Wahyuni, NIM. 2817133051, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), pembimbing Hj. Luluk ‘Atirotu Zahroh, M.Pd. Kata Kunci: Upaya Preventif Guru, Dampak Negatif Internet Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya penyalahgunaan internet pada peserta didik khususnya pada media sosial Facebook. Adanya kemajuan teknologi membuat Facebook semakin mudah untuk diakses oleh berbagai kalangan tidak terkecuali anak-anak yang masih di bawah umur yang seharusnya belum diperbolehkan untuk mengaksesnya. Berbagai dampak negatif Facebook pada anak telah banyak bermunculan. Sebelum peserta didik terkena dampak negatif dari internet khususnya jejaring sosial Facebook, alangkah baiknya orang tua dan guru, khususnya guru Pendidikan Agama Islam mempunyai langkah-langkah pencegahan terhadap dampak negatif tersebut. Guru Pendidikan Agama Islam sangat diharapkan mampu memberikan pendidikan akhlak kepada para peserta didiknya, guna menghadapi derasnya arus media sosial Facebook. Maka, dalam hal ini peneliti menggunakan upaya preventif guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi dampak negatif perkembangan internet khususnya media sosial Facebook pada peserta didik MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah (1) Bagaimana langkah-langkah guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi dampak negatif perkembangan media sosial facebook pada peserta didik MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung? (2) Apa saja kendala guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya preventif dampak negatif perkembangan media sosial facebook pada peserta didik MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung? (3) Bagaimana solusi dari kendala upaya preventif dampak negatif perkembangan media sosial facebook pada peserta didik MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan langkah-langkah guru Pendidikan Agama Islam dalam mencegah dampak negatif perkembangan media sosial facebook pada peserta didik MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung. (2) Mendeskripsikan kendala guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya preventif dampak negatif perkembangan media sosial facebook pada peserta didik MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung. (3) Mendeskripsikan solusi kendala upaya preventif dampak negatif perkembangan media sosial facebook pada peserta didik MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan kehadiran, triangulasi sumber data, dan pembahasan teman sejawat. Hasil penelitian mengungkapkan: (1) langkah-langkah guru Pendidikan Agama Islam dalam dalam mengatasi dampak negatif perkembangan media sosial facebook pada peserta MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung yaitu (a) melakukan pengawasan dan pemberian nasehat, (b) mengadakan kegiatan keagamaan (c) memberi sanksi terhadap peserta didik yang melakukan pelanggaran, (d) memberikan tugas atau tanggungjawab. (2) kendala guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya preventif terhadap dampak negatif perkembangan media sosial facebook pada peserta didik MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung yaitu (a) terbatasnya pengawasan dari pihak sekolah (b) kurangnya sarana dan prasarana serta tidak adanya guru BK (c) latar belakang peserta didik yang berbeda. (3) solusi dari kendala upaya preventif dampak negatif perkembangan media sosial facebook pada peserta didik MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung yaitu (a) mengadakan kerjasama antara semua guru dan menjalin komunikasi yang intensif antara guru dan orang tua peserta didik (b) memberdayakan sarana prasarana serta membentuk waka-waka yang lebih fokus dalam menangani permasalahan peserta didik (c) peserta didik harus selalu dikawal dengan satu pendapat yang sama antara di rumah dan di sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133051 Farida Ani Wahyuni
Date Deposited: 30 Nov 2017 03:55
Last Modified: 30 Nov 2017 03:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6729

Actions (login required)

View Item View Item