Triwulan Oktifiasari, 2824133119 (2017) PENGARUH STRATEGI HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN RENTAL MOBIL DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (CV AM TOUR & TRAVEL DOMASAN KALIDAWIR TULUNGAGUNG). [ Skripsi ]
|
Text
cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (539kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (402kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (333kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (236kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (93kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (315kB) |
Abstract
ABSTRAK Triwulan Oktifiasari (2824133119), Pengaruh Strategi Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Rental Mobil Dalam Perspektif Ekonomi Islam (CV AM Tour & Travel Domasan Kalidawir Tulungagung), Jurusan Ekonomi Syariah (ES), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Dosen Pembimbing Ahmad Budiman, M.SI. Rental mobil adalah penyedia layanan penyewaan mobil dengan cara sewa harian ataupun kontrak dengan menggunakan sopir ataupun lepas kunci, pemanfaatan rental mobil ini dapat dikembangkan sebagai terobosan bagi masyarakat atau perusahaan yang tidak memiliki alat transportasi yang akan digunakan untuk operasional. Dalam suatu usaha rental mobil kepuasan konsumen adalah prioritas utama bagi perusahaan karena tingkat persaingan usaha yang semakin tajam diantara perusahaan rental mobil di Tulungagung. Hal utama agar perusahaan dapat bertahan, bersaing dan menguasai pasar maka perusahaan harus mempunyai strategi harga dan promosi yang dapat menarik konsumen. Perusahaan harus memperhatikan hal-hal yang dianggap penting oleh para konsumen, agar konsumen merasa puas dan tidak beralih kepada perusahaan rental mobil lain. Maka dari itu penelitian ini mengangkat permasalahan mengenai strategi harga dan promosi, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi terhadap kepuasan konsumen CV AM Tour & Travel dalam perspektif ekonomi Islam. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Random Sampling Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 80 responden rental mobil CV AM Tour & Travel yang berada di daerah Tulungagung. Tahap selanjutnya, data kuesioner dianalisis dengan menggunakan uji kualitas data (validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik (normalitas, multikolinieritas dan heteroskidastisitas) dan regresi linier berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Pengujian hipotesis menggunakan uji T yang menunjukkan bahwa variabel harga dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen secara parsial. Kemudian uji F menunjukkan bahwa variabel harga dan promosi berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen. Angka Adjusted R Square menunjukkan bahwa sebagian besar variasi kepuasan konsumen bisa dijelaskan oleh kedua variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain diluar kedua variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Dalam Perspektif Ekonomi Islam perilaku manusia diatur berdasarkan aturan agama Islam dan didasari dengan tauhid sebagaimana dirangkum dalam rukun iman dan rukun Islam. Islam menganjurkan untuk melakukan kegiatan bisnis (berusaha) guna memenuhi kebutuhan sosial ekonomi mereka dengan berlandaskan Al-quran dan Hadist. Kata kunci : Harga, Promosi, Kepuasan Konsumen dan Ekonomi Islam.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | S.E 2824133119 Triwulan Oktifiasari |
Date Deposited: | 19 Dec 2017 01:41 |
Last Modified: | 19 Dec 2017 01:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6797 |
Actions (login required)
View Item |