FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK MURABAHAH DI BMT ISTIQOMAH TULUNGAGUNG

PANGESTU KARTANURGANA, 2823133124 (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK MURABAHAH DI BMT ISTIQOMAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (956kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (744kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Faktor-Faktor Yang Dipertimbangkan Nasabah Dalam Memilih Produk Murabahah Di BMT Istiqomah Tulungagung” ini ditulis oleh Pangestu Kartanurgana, Jurusan Perbankan Syariah, NIM. 28231331 24, pembimbing Sri Eka Astutiningsih, SE., MM. Penelitian ini dilatar belakangi dengan banyaknya usaha mikro yang masih mengalami kesulitan untuk mendapatkan kredit di bank dan keberadaan BMT mampu berkontribusi sebagai salah satu peranan lembaga pembiayaan yang bebas bunga atau riba. Untuk dapat mempertahankan eksistensi lembaga, perlu adanya inovasi baru yaitu pengadaan produk baru yaitu Murabahah plus yang diharapkan mampu menjadi pilihan kebutuhan nasabahnya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu manakah faktor-faktor pendapatan, motivasi, kualitas pelayanan dan brand image yang paling dipertimbangkan nasabah dalam keputusan memilih produk Murabahah di BMT Istiqomah Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dipertimbangkan nasabah dalam memilih produk Murabahah di BMT Istiqomah Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dan analisis faktor. Teknik pengambilan sampel yaitu probibality sampling dengan kategori simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan teknik skala likert. Jumlah sampel adalah sebanyak 86 responden yang merupakan nasabah BMT Istiqomah Plosokandang Tulungagung. Analisis faktor digunakan untuk menganalisis data pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan terbentuk 4 faktor yang dipertimbangkan nasabah BMT Istiqomah Plosokandang. Faktor-faktor tersebut adalah faktor pendapatan nasabah, motivasi dan brand image dengan eigenvalue sebesar 44,091%, faktor pendapatan nasabah dengan eigenvalue sebesar 13,060%, faktor kualitas pelayanan dengan eigenvalue 7,639%, faktor kualitas pelayanan dan brand image dengan eigenvalue sebesar 6,272%. Faktor dominan yang dipertimbangkan nasabah memilih produk Murabahah adalah faktor pendapatan nasabah, motivasi dan brand image. Dengan eigenvalue sebesar 44,091%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa faktor pendapatan nasabah, faktor motivasi, faktor kualitas pelayanan dan faktor brand image adalah faktorfaktor yang dipertimbangkan oleh nasabah dalam memilih produk Murabahah di BMT Istiqomah Plosokandang. Kata kunci: Faktor Pendapatan Nasabah, Faktor Motivasi, Faktor Kualitas Pelayanan dan Faktor Brand Image

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 2823133124 PANGESTU KARTANURGANA
Date Deposited: 11 Dec 2017 07:18
Last Modified: 11 Dec 2017 07:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6817

Actions (login required)

View Item View Item