PENGEMBANGAN PERILAKU RELIGIUS SISWA MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MTs DARUL HUDA WONODADI BLITAR

MIRZA ASNA RIZKI, 2811133155 (2017) PENGEMBANGAN PERILAKU RELIGIUS SISWA MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MTs DARUL HUDA WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (298kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Perilaku Religius Siswa melalui Kegiatan Keagamaan di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar” ini di tulis oleh Mirza Asna Rizki, NIM. 2811133155, dosen pembimbing Drs. H. Muh. Kharis, M.Pd. Kata Kunci: Perilaku Religius, Kegiatan Keagamaan Penelitian ini di latar belakangi karena MTs Darul Huda Wonodadi Blitar tergolong sekolah yang berbasis agama di sekolah ini memiliki banyak kegiatan keagamaan yang dilaksanakan adalah untuk mengembangkan perilaku religius yang telah dimiliki siswa. Jadi siswa dan siswi di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar ini diberikan pembekalan agar mereka terhindar dari berbagai pengaruh negative dari luar yang sewaktu – waktu dapat mempengaruhi mereka melalui proses kegiatan membaca Al-Qur’an, kegiatan Istighosah dan kegiatan shalat dhuhur berjamaah. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana pengembangan perilaku religius siswa melalui kegiatan membaca Al-Qur’an di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar? (2) Bagaimana pengembangan perilaku religius siswa melalui kegiatan istighosah di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar? (3) Bagaimana pengembangan perilaku religius siswa melalui kegiatan shalat dhuhur berjamaah di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan pengembangan perilaku religius siswa melalui kegiatan membaca Al-Qur’an di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar. (2) Untuk menjelaskan pengembangan perilaku religius siswa melalui kegiatan istighosah di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar. (3) Untuk menjelaskan pengembangan perilaku religius siswa melalui kegiatan shalat dhuhur berjamaah di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan dengan jenis pendekatan kualitatif deskriptif dengan lokasi di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar, dan cara yang dilakukan untuk memperoleh data melalui, (1) Observasi (2) Wawancara Mendalam (3) dokumentasi. Kemudian menggunakan teknis analisis data dengan menggunakan (1) Reduksi Data (2) Penyajian Data (3) Penarikan Kesimpulan. Juga melaksanakan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan (1) Perpanjangan keikutsertaan (2) Ketekunan Pengamatan (3) Triangulasi (4) Pemeriksaan Teman Sejawat melalui diskusi. Dari hasil penelitian ini, peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa: (1) Pengembangan perilaku religius siswa melalui kegiatan membaca Al-Qur’an di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar, dalam pelaksanaan membaca Al-Qur’an dilaksanakan dengan menggunakan metode thoriqoti, siswa dari awal berkumpul dan berkelompok 8-12 siswa-siswi yang dibimbing dan didampingi oleh satu guru, dalam proses pelaksanaannya siswa masih menjaga wudhunya, berdoa, membaca ta’awudz dan basmalah bersama kemudian guru membacakan ayatnya terlebih dahulu kemudian ditirukan oleh siswa-siswi setelah itu siswa satu persatu sorogan kepada guru pembimbing, kemudian diakhiri dengan berdoa bersama dan guru memberi salam, dan siswa menjawab salam dan berjabat tangan dilanjutkan siswa masuk kelas untuk melaksanakan jam pelajaran pertama, dari proses kegiatan ini terdapat pengembangan perilaku religius siswa dari nilai disiplin. Pada proses selanjutnya siswa membaca Al-Qur’an dengan sorogan guru mengarahkan dan membenarkan dalam membacanya sesuai dengan panjang pendeknya huruf serta mengenai tajwidnya. Diberikannya penilaian dan absensi sesuai dengan kriteria dan kemampuan siswa dalam membacanya dan keaktifan siswa, dari proses kegiatan ini terdapat pengembangan perilaku religius dari siswa dari nilai sabar. Dan pada proses kegiatan membaca Al-Qur’an ini dilaksanakan dengan berkumpul dan berkelompok dapat mengembangkan perilaku religius siswa dari nilai ukhwah semangat persaudaraan. (2) Pengembangan perilaku religius siswa melalui kegiatan Istighosah di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar, dalam pelaksanaan kegiatan istighosah rutin dilaksanakan dipagi hari proses pelaksanaannya dari mulai siswa berjabat tangan dengan guru, kemudian duduk di halaman sekolah dengan suasana tenang dan khusyu’ serta duduk rapi para siswa membaca Asmaul Husna, surat Yasin dan ayat Mahabbah bersama-sama, setelah selesai berdoa diberikannya motivasi-motivasi positif kepada siswa agar siswa terhindar dari hal negatif, dan dari pemberian motivasi siswa benar memperhatikan dari apa yang disampaikan dan diharapkan siswa menerapkannya,dari proses kegiatan ini terdapat pengembangan perilaku religius siswa dari nilai tawadhu’ atau rendah hati. Pada proses kegiatan istighosah ini selain dengan membaca surat dari buku panduan terlihat dalam berdoa diharapkan siswa untuk khusyu’ dan tenang dalam berdoa tanpa adanya tergesa-gesa dengan penuh harap, yang kemudian juga membaca tahlil, tasbih, tahmid, takbir serta dengan pujian-pujian lainnya serta adanya penertiban kepada siswa, dari proses kegiatan ini terdapat pengembangan perilaku religius siswa yang menguatkan siswa dari nilai syukur dan ikhlas. (3) Pengembangan perilaku religius siswa melalui kegiatan Shalat Dhuhur Berjamah di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar, dalam pelaksanaan kegiatan shalat dhuhur berjamaah yang dilakukan siswa yaitu dengan sebelum shalat mereka mengambil air wudhu kemudian menuju tempat shalat, dengan sambil menunggu imam shalat siswa dibiasakan untuk shalat sunnah qobliyah dan ba’diyah kemudian setelah itu mereka merapatkan shafnya dan mulai melaksanakan shalat dhuhur berjamaah, setelah shalat selesai siswa juga dibiasakan untuk berdzikir dan berdoa, kemudian dibiasakan siswa untuk tenang dan khusyu’ dalam melaksanakan shalat dhuhur berjamaah ini, dari pelaksanaan kegiatan shalat dhuhur berjamaah terdapat pengembangan perilaku dari siswa dari nilai tawakkal. Pada proses kegiatan shalat dhuhur berjamaah adanya penertiban serta pemberian peringatan kepada siswa bahwa untuk memastikan sudah atau belum dalam melaksanakan kewajiban shalat dhuhur berjamaah dari pelaksanaan kegiatan shalat dhuhur berjamaah terdapat pengembangan perilaku dari siswa dari nilai jujur dan tanggung jawab.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133155 MIRZA ASNA RIZKI
Date Deposited: 19 Dec 2017 04:19
Last Modified: 19 Dec 2017 04:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6837

Actions (login required)

View Item View Item