TIYAS PUJI SEPTIYANTI, 2811133260 (2017) PERAN GURU MATA PELAJARAN DINIYAH QUR’AN DALAM MENINGKATKAN HAFALAN JUZ ‘AMMA SISWA DI MTS MIFTAHUL HUDA BANDUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (467kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (382kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (142kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (337kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (412kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (418kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (407kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (244kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (174kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Mata Pelajaran Diniyah Qur’an dalam Meningkatkan Hafalan Juz ‘Amma Siswa di MTS Miftahul Huda Bandung” ini ditulis oleh Tiyas Puji Saptiyanti, NIM. 2811133260, pembimbing H. Muh. Nurul Huda, MA. Kata kunci : Peran Guru Mata Pelajaran Diniyah Qur’an, Hafalan Juz ‘Amma Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang menunjukkan bahwa terdapat lembaga pendidikan islam yang berupaya untuk menciptakan lulusan berkualitas dalam bidang keislaman. Salah satunya melalui upaya peningkatan hafalan Juz ‘amma, sebagaimana diterapkan di MTs Miftahul Huda Bandung. Peran guru sangat dibutuhkan dalam meningkatkan hafalan Juz ‘amma ini, terutama guru mata pelajaran Diniyah Qur’an. Maka penting bagi guru mata pelajaran Diniyah Qur’an untuk membentuk dan menerapkan berbagai peran dalam meningkatkan hafalan Juz ‘amma setiap peserta didiknya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru mata pelajaran Diniyah Qur’an dalam meningkatkan kelancaran hafalan Juz ‘amma siswa di MTs Miftahul Huda Bandung? (2) Bagaimana peran guru mata pelajaran Diniyah Qur’an dalam meningkatkan penguasaan tajwid siswa di MTs Miftahul Huda Bandung? (3) Bagaimana peran guru mata pelajaran Diniyah Qur’an dalam meningkatkan kefasihan hafalan Juz ‘amma siswa di MTs Miftahul Huda Bandung? Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Bandung, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, bagi para guru MTs Miftahul Huda Bandung sebagai dasar untuk meningkatkan hafalan Juz ‘amma siswa. Bagi siswa MTs Miftahul Huda Bandung sebagai bahan kajian dan renungan untuk meningkatkan hafalan Juz ‘amma. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan atau refrensi yang cukup bararti bagi peneliti lebih lanjut. Dalam penelitian ini digunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara digunakan sebagai cara mengumpulkan data atau informasi dengan cara langsung bertatap muka dengan informan, observasi digunakan untuk memperoleh data dari sumber data yang berupa peristiwa, tempat, benda, serta rekaman dan gambar. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mencari data mengenai hal-hal atau variable yang berupa catatan, tanskip, buku dan sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran guru mata pelajaran Diniyah Qur’an dalam meningkatkan kelancaran yaitu: memberi motivasi kepada siswa, menarjetkan hafalan dengan cara membuat jadwal hafalan, menggunakan berbagai metode, seperti metode wahdah dan metode jama’, menggunakan berbagai strategi, seperti strategi tidak beralih pada ayat berikutnya, strategi menghafal urut-urutan ayat dan strategi dengan cara di setorkan pada guru. (2) Peran guru mata pelajaran Diniyah Qur’an dalam meningkatkan penguasaan tajwid yaitu: memberi penjelasan tentang tajwid dan memperhatikan bacaan siswa yang menghafal baik tajwid, makharijul huruf dan panjang pendeknya. (3) Peran guru mata pelajaran Diniyah Qur’an dalam meningkatkan kefasihan hafalan Juz ‘amma yaitu: memperhatiakan ayat-ayat yang serupa dan memperhatikan bacaan siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811133260 TIYAS PUJI SEPTIYANTI |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 04:12 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 04:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6845 |
Actions (login required)
View Item |