PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN NILAI RELIGIOUS PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI I NGANTRU TULUNGAGUNG

YULIA TRISTANTI, 2811133283 (2017) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN NILAI RELIGIOUS PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI I NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (562kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (69kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (617kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (127kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (190kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di dalam Meningkatkan Nilai Religious pada Peserta Didik di SMP Negeri 1 Ngantru Tuliungagung” ini ditulis oleh Yulia Tristanti”, pembimbing Dr. H. Nur Efendi, M.Ag. Kata kunci: Peran Guru PAI, Nilai Religious Penelitian ini dilatarbelakangi oleh SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung sebagai lembaga formal yang bersifat umum. Namun dengan adanya jadwal sholat jum’at disekolah, diharapkan siswa dapat meningkatkan aktifitas religiusnya. Ada dua manfaat yang dapat diambil dengan adanya aturan untuk melaksanakan sholat jum’at. Pertama, siswa dapat meningkatkan nilai religious melakukan sholat karena belum tentu siswa mau menjalankan shalat jum’at jika mereka di rumah dan yang kedua adalah kedisiplinan siswa dimana siswa membiasakan sholat jum’at dengan tepat waktu. Dengan ini peranan guru di sekolah harus dilakukan. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1)Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai Motivator dalam meningkatkan nilai religious pada Sholat jum’at di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung ? (2)Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai Fasilitator dalam meningkatkan nilai religious pada Sholat jum’at di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungangung ? (3)Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai Edukator dalam meningkatkan nilai religious pada Sholat jum’at di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungangung ?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1)Untuk mengetahui bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai Motivator dalam meningkatkan nilai religious pada Sholat jum’at siswa di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungangu. (2)Untuk mengetahui bagaimana peran guru Pendidikan Agama Isam sebagai Fasilitator dalam meningkatkan nilai religious pada Sholat jum’at siswa di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung. (3) Untuk mengetahui bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai Edukator dalam meningkatkan nilai religious pada Sholat jam’at siswa di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi Guru Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukan informasi oleh guru untuk melaksanakan kebijaksanaan dalam meningkatkan pendidikan agama islam melalui pembelajaran di dalam kelas maupun diluar kelas dalam menanamkan Nilai Religious pada siswa. Bagi peneliti selanjutnya Bagi para peneliti di bidang pendidikan, sebagai pendorong untuk mengadakan penelitian yang lebih luas dan lebih mendalam tentang kajian peran guru PAI dalam meningkatkan nilai religious pada siswa. Bagi penulis Agar dapat memperoleh informasi dan wawasan yang lebih mendalam tentang peran guru PAI dalam meningkatkan nilai religious dan untuk memenuhi persyaratan dalam memperoleh gelar sarjana S-1 pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dimana peneliti harus melibatkan diri mereka sebagai instrumen, dan mengikuti data. Jenis dalam penelitian ini adalah studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) peran guru PAI sebagai Motivator dalam meningkatkan nilai religious pada sholat jum’at adalah, Memberikan dorongan kepada para siswa untuk melaksanakan sholat jum’at, guru selalu tepat waktu dalam kegiatan tersebut sesuai denga jadwal yang sudah disepakati bersama, Memperkuat keteguhan siswa untuk menjalankan sholat jum’at sehingga berjalan dengan lancer, siswa diberi materi sebelum sholat jum’at dilakukan. 2) peran guru PAI sebagai Fasilitator dalam meningkatkan nilai religious pada sholat jum’at adalah, guru mampu memberikan bantuan teknis, arahan dan petunjuk kepada peserta didiknya, guru dapat memfasilitasi segala kebutuhan peserta didiknya, sesuai dengan tugas dan fungsinya misalnya saja dengan menciptakan suasana kegiatan belajar yang sehingga interaksi pembelajaran akan berlangsung secara efektif. 3) peran guru PAI sebagai Edukator dalam meningkatkan nilai religious pada sholat jum’at adalah, guru tidak hanya mengajarkan tentang pentingnya sholat, namun juga terlibat langsung bersama siswa siswinya untuk melakukan sholat. Di samping itu, guru juga mendidik anak-anak untuk disiplin melalui sholat jum’at. Karena sholat jum’at di sekolah selalu dilaksanakan, beda halnya di rumah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133283 YULIA TRISTANTI
Date Deposited: 15 Dec 2017 06:54
Last Modified: 15 Dec 2017 06:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6856

Actions (login required)

View Item View Item