MAYA RIZKI RAMADHANI, 2824133072 (2017) PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus di Adzkia Hijab Syar’i dan Husna Collection Tulungagung). [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (287kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (195kB) |
||
|
Text
BAB 1.pdf Download (490kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (768kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 4.pdf Download (589kB) | Preview |
|
Text
BAB 5.pdf Download (582kB) |
||
Text
BAB 6.pdf Download (265kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (296kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perlindungan Konsumen dalam Transaksi Jual Beli Online Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus di Adzkia Hijab Syar’i dan Husna Collection Tulungagung)” ini ditulis oleh Maya Rizki Ramadhani, NIM. 2824133072, pembimbing Dr. Nur Aini Latifah, SE., MM. Perlindungan konsumen dalam transaksi jual beli online sangatlah diperlukan untuk mengantisipasi apabila terjadi hal-hal yang yang dapat merugikan konsumen. Apabila konsumen mendapatkan perlindungan, maka ia akan merasa aman dan tertarik untuk melakukan transaksi kembali dengan pebisnis. Salah satu aspek yang sangat popular dan perlu mendapat perhatian dalam dunia bisnis adalah etika. Dengan penerapan etika bisnis Islam dengan benar, maka kegiatan bisnis yang dijalankan akan berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku dan tidak menyimpang. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui perlindungan konsumen dalam transaksi jual beli online di Adzkia Hijab Syar’i dan Husna Collection perspektif etika bisnis Islam. (2) Untuk mengetahui penerapan transaksi jual beli online di Adzkia Hijab Syar’i dan Husna Collection perspektif etika bisnis Islam. (3) Untuk mengetahui persoalan yang terjadi dalam transaksi jual beli online di Adzkia Hijab Syar’i dan Husna Collection serta solusi yang dilakukan oleh dalam mengatasi persoalan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh secara langsung di lapangan dengan cara observasi partisipan dan wawancara mendalam kepada pemilik dan karyawan di Adzkia Hijab Syar’i dan Husna Collection. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlindungan konsumen dalam transaksi jual beli online di Adzkia Hijab Syar’i dan Husna Collection masih bersifat lemah sehingga belum bisa sepenuhnya melindungi konsumen. Sedangkan penerapan transaksinya sudah sesuai dengan syariah yakni dengan menerapkan sistem pesanan (bai’ salam) yang telah memenuhi rukun dan syarat bai’ salam pada sistem pemesanannya. Jika dipandang dari etika bisnis Islam, transaksi jual beli online tersebut sudah sesuai dengan pedoman dan prinsip-prinsip dalam etika bisnis Islam. Persoalan yang dihadapi oleh pebisnis online tersebut antara lain kesalahan pemilihan size yang dilakukan oleh konsumen, keterlambatan pengiriman, gamis yang menjamur saat pengiriman dan susahnya menstok bahan baku gamis. Untuk menghadapi permasalahan tersebut pebisnis online memberikan fasilitas retur barang, mencari alternatif kota lain dalam pembelian bahan baku, serta memberikan pemahaman dan pemberitahuan kepada konsumen. Kata Kunci : perlindungan konsumen, transaksi jual beli, bisnis online dan etika bisnis Islam.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bisnis Islam Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 2824133072 MAYA RIZKI RAMADHANI |
Date Deposited: | 14 Dec 2017 02:13 |
Last Modified: | 14 Dec 2017 02:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6858 |
Actions (login required)
View Item |