HIMMATUL CHUSNA, 2811133104 (2017) STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MA AT-THOHIRIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (687kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (767kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (182kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Aqidah Akhlak untuk Meningkatkan Akhlakul Karimah Siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Himmatul Chusna, NIM. 2811133104, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Hj. Retno Indayati M.Si. Kata Kunci : Strategi, Guru Aqidah Akhlak, Akhlakul Karimah Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena dalam msyarakat, bahwasannya masih banyak dijumpai kasus tindakan dikalangan remaja dan pelajar yang bertentangan dengan ajaran agama. Untuk itu sebagai guru Aqidah Akhlak perlu melakukan berbagai Strategi agar siswa-siswi memiliki akhlak yang baik khususnya dalam meningkatkan bersikap saja’ah, iffah dan shiddiq. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru aqidah akhlak untuk meningkatkan bersikap saja’ah siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung?(2) Bagaimana strategi guru aqidah akhlak untuk meningkatkan bersikap iffah siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung? (3) Bagaimana strategi guru aqidah akhak untuk meningkatkan bersikap shiddiq siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung? Adapun tujuan penelitiannya adalah:(1)Untuk mengetahui bagaimana strategi guru aqidah akhlak untuk meningkatkan bersikap saja’ah siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung?, (2) Untuk mengetahui bagaimana strategi guru aqidah akhlak untuk meningkatkan bersikap iffah siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung?, (3) Untuk mengetahui bagaimana strategi guru aqidah akhlak untuk meningkatkan bersikap shiddiq siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, sedangkan dalam analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, keajegan pengamatan, serta triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung tentang strategi guru Aqidah Akhlak untuk meningkatkan akhlakul karimah siswa yakni: (1) Strategi guru aqidah akhlak untuk meningkatkan bersikap saja’ah siswa adalah membuat perencanaan pembelajaran berupa RPP, menggunakan metode antara lain: Metode keteladanan, metode ceramah, metode tanya jawab dan metode diskusi, menggunakan media visual dan audiovisual, Mealui kegiatan ekstrakurikuler antara lain Pramuka, Qiro’at, pidato bahasa Inggris dan Bahasa Arab, Seni Sholawat, dan Drumband. (2) Strategi guru aqidah akhlak untuk meningkatkan bersikap iffah siswa adalah guru membuat perencanaan pembelajaran berupa RPP, menggunakan metode antara lain: Metode Ceramah, metode teladan, metode bermain peran dan metode hukuman, menggunakan media visual dan audiovisual, Melalui kegiatan keagamaan antara lain: Membaca Al-qur’an dan asmaul husna ketika sebelum memulai pelajaran, kegiatan sholat dluha berjama’ah enam rokaat,Sholat dzuhur berjama’ah, membaca sholawat nabi bagi siswi yang berhalangan sholat, mengucapkan salam, bersalaman bila bertemu guru, Menghafal yasin dan tahlil, serta banyak kegiatan sosial dan PHBI. (3) Strategi guru aqidah akhlak untuk meningkatkan bersikap shiddiq siswa adalah guru membuat perencanaan pembelajaran berupa RPP, menggunakan metode antara lain: Metode ceramah, metode larangan, metode anjuran dan metode hukuman/pemberian ganjaran, menggunakan media visual dan audiovisual, Kegiatan diluar kelas antara lain: Ketika akan keluar sekolah siswa mengisi buku izin meninggalkan sekolah, kantin kejujuran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811133104 HIMMATUL CHUSNA |
Date Deposited: | 19 Dec 2017 02:15 |
Last Modified: | 19 Dec 2017 02:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6868 |
Actions (login required)
View Item |