PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTU ALAT PERAGA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI KUNIR

SELFIANA KARTIKASARI, 2814133175 (2017) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTU ALAT PERAGA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI KUNIR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (921kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbantu Alat Peraga terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri Kunir” ditulis oleh Selfiana Kartikasari, NIM. 2814133175, dibimbing oleh Ummu Sholihah, M.Si. Kata kunci: Realistic Mathematics Education (RME), Alat peraga, Motivasi Pembelajaran matematika di sekolah masih banyak yang didominasi oleh guru dibandingkan oleh siswa. Pengetahuan hanya didapat dari guru dan materi langsung diberikan pada siswa berupa rumus, teorema yang siap pakai tanpa melalui keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Akibatnya banyak siswa yang kurang termotivasi dan tidak aktif dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran yang tepat, guna mewujudkan pembelajaran yang aktif dan bermakna dalam proses belajar mengajar. Salah satunya pendekatan realistic mathematics education berbantu alat peraga, yang mengaitkan pembelajaran dengan realitas dan merupakan aktivitas siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan realistic mathematics education berbantu alat peraga terhadap motivasi siswa, (2) untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan realistic mathematics education berbantu alat peraga terhadap hasil belajar matematika, (3) untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan realistic mathematics education berbantu alat peraga terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri Kunir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian adalah quasi experimental dan populasinya adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Kunir. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah (1) observasi, (2) kuesioner (angket), (3) tes, dan (4) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik uji MANOVA. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: (1) adanya pengaruh pendekatan realistic mathematics education berbantu alat peraga terhadap motivasi siswa. Terbukti dengan nilai sig 0,016<0,05 dengan rata-rata tingkat motivasi belajar siswa kelas exsperimen sebesar 68,41 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 64,44. (2) adanya pengaruh pendekatan realistic mathematics education berbantu alat peraga terhadap hasil belajar matematika. Terbukti dengan nilai signifikansi 0,003<0,05 dengan rata-rata tingkat hasil belajar siswa kelas exsperimen sebesar 88,96 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 82,83. (3) adanya pengaruh pendekatan realistic mathematics education berbantu alat peraga terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri Kunir. Terbukti dari analisis Pillae Trace, Wilk Lamda, Hotelling Trace, Roy’s Largest Root, dimana signifikan 0,010<0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133175 SELFIANA KARTIKASARI
Date Deposited: 15 Dec 2017 02:12
Last Modified: 15 Dec 2017 02:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6872

Actions (login required)

View Item View Item