Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Dengan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Bangun Datar Di Kelas VII MTsN Watulimo Trenggalek Tahun Ajaran 2016/2017

Muhammad Imaduddin Abdurrahim, 2814133126 (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Dengan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Bangun Datar Di Kelas VII MTsN Watulimo Trenggalek Tahun Ajaran 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (801kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (963kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (289kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Dengan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Bangun Datar Di Kelas VII MTsN Watulimo Trenggalek Tahun Ajaran 2016/2017” ini ditulis oleh Muhammad Imaduddin Abdurrahim, NIM. 2814133126, Pembimbing Bapak Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD), Alat Peraga, Hasil Belajar. Penelitian ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan alat peraga terhadap hasil belajar matematika siswa. Kajian penelitian ini dilatarbelakangi oleh: 1) rendahnya hasil belajar matematika siswa 2) kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa materi bangun datar di kelas VII MTsN Watulimo Trenggalek tahun ajaran 2016/2017 dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan alat peraga, 2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan alat peraga terhadap hasil belajar matematika siswa materi bangun datar di kelas VII MTsN Watulimo Trenggalek tahun ajaran 2016/2017, 3) Untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division dengan alat peraga terhadap hasil belajar matematika siswa materi bangun datar di kelas VII MTsN Watulimo Trenggalek tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Watulimo Trenggalek yang berjumlah 228 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik dan Instrumen pengumpulan data: 1) observasi, 2) dokumentasi, 3) tes. Instrumen penelitian berupa tes untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal sebelum digunakan untuk menjaring data dan untuk mendapatkan data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data penelitian terkumpul kemudian dianalisis, yang digunakan adalah uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada perbedaan hasil belajar matematika siswa materi bangun datar di kelas VII MTsN Watulimo Trenggalek tahun ajaran 2016/2017 dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan alat peraga. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 91,531 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 70,125, sehingga H1 diterima. 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan alat peraga terhadap hasi belajar matematika siswa materi bangun datar di kelas VII MTsN Watulimo Trenggalek tahun ajaran 2016/2017. 3) Besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan alat peraga terhadap hasi belajar matematika siswa materi bangun datar di kelas VII MTsN Watulimo Trenggalek tahun ajaran 2016/2017 sebesar 1,8 dengan interpretasi nilai Cohen’s adalah 96,4% dan tergolong tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Skripsi 2814133126 Muhammad Imaduddin Abdurrahim
Date Deposited: 18 Dec 2017 03:35
Last Modified: 18 Dec 2017 03:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6876

Actions (login required)

View Item View Item