PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MATERI HIMPUNAN KELAS VII MTs SWASTA SE-KABUPATEN TULUNGAGUNG

ISRO FAIZ NAZALIA, 2814133092 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MATERI HIMPUNAN KELAS VII MTs SWASTA SE-KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (896kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (487kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (353kB)
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Materi Himpunan Kelas VII MTs Swasta Se-Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Isro Faiz Nazalia, NIM. 2814133092, dibimbing oleh Dr. Dewi Asmarani M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran CTL, Koneksi, Himpunan. Proses pembelajaran matematika membutuhkan kemampuan koneksi. Koneksi matematis adalah pengaitan matematika dengan pelajaran lain atau topik lain. Koneksi dapat diartikan sebagai keterkaitan antara konsep-konsep matematika secara internal yaitu berhubungan dengan matematika itu sendiri ataupun secara eksternal, yaitu matematika dengan bidang lain maupun dengan kehidupan sehari-hari. Tetapi faktanya kemampuan koneksi matematis siswa masih rendah. Rendahnya kemampuan koneksi disebabkan oleh proses pembelajaran dikelas. Guru masih menggunakan metode ceramah untuk menyampaikan materi, sehingga siswa menjadi pasif karena pembelajaran masih berpusat pada guru. Berdasarkan penjelasan tersebut, peneliti melakukan penelitian tentang kemampuan koneksi matematis siswa dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi himpunan. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Materi Himpunan Kelas VII MTs Swasta Se-Kabupaten Tulungagung? (2) untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Materi Himpunan Kelas VII MTs Swasta Se-Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Sampel penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini dilakukan dengan sampel siswa kelas VII MTs Al-Huda Kedungwaru Tulungagung kelas VII-A dan VII-B. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode tes dan wawancara. Analisis datanya menggunakan uji t-test. Hasil penelitian ini adalah (1) Hasil hitung pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa nilai thitung = 4,135 > ttabel= 2,021 dan nilai sig.(2-tailed) dari tabel sebesar 0,000 yang berarti < 0,05 sehingga Ho ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa (2) Rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas VII-A sebesar 89, 20 dan rata-rata nilai siswa kelas VII-B 76,65 (3) Besar Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Materi Himpunan Kelas VII MTs Swasta Se-Kabupaten Tulungagung sebesar 97,7%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133092 ISRO FAIZ NAZALIA
Date Deposited: 21 Dec 2017 02:56
Last Modified: 21 Dec 2017 02:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6888

Actions (login required)

View Item View Item