PENERAPAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI I GONDANG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

AMAN SUGIHARTO, 2811133031 (2017) PENERAPAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI I GONDANG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV .pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (180kB) | Preview
[img] Text
BAB VI .pdf

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran PAI di SMAN 1 Gondang Tulungagung”, ini ditulis oleh Aman Sugiharto. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Drs. H. Muh. Kharis, M.Pd. Kata Kunci: Penerapan, Kurikulum 2013, PAI. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi pentingnya peranan kurikulum dalam pendidikan formal di sekolah menengah atas (SMA) yang sangat penting dalam penentuan tujuan pendidikan. Guru mempunyai peran yang sangat penting dalam proses penerapan kurikulum, khususnya kurikulum 2013. Penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI sangat menentukan berhasil dan tidaknya tujuan pendidikan tersebut. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan kurikulum 2013 pada pembelajaran PAI di SMAN 1 Gondang Tulungagung? 2) Bagaimana proses pelaksanaan kurikulum 2013 pada pembelajaran PAI di SMAN 1 Gondang Tulungagung? 3) Bagaimana evaluasi kurikulum 2013 pada pembelajaran PAI di SMAN 1 Gondang Tulungagung?. Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif. Berdasarkan pembahasanya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah data reduction, data display, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, pembahasan teman sejawat, dan klarifikasi dengan informan. Hasil penelitianya adalah penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Gondang Tulungagung, yaitu: 1) perencanaan yang dilakukan guru dengan menyiapkan perangkat pembelajaran yang mengacu pada Depag yang tentu saja isinya tetap mengacu pada rambu-rambu dan tujuan kurikulum 2013 yang diwujudkan dengan memperkaya silabus dan RPP. 2) Pembelajaran dengan: (a) pembelajaran dilakukan di kelas (b) tanya jawab yang ditetapkan sudah nampak atau sudah mendapat respon dari siswa (c) diskusi berjalan dengan baik karena terdapat banyak siswa yang sudah berani menyampaikan pendapat (d) sarana yang digunakan yaitu LKS yang dimiliki siswa, papan tulis, alat tulis, buku paket, dan LCD. 3) Penilaian dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan non tesyang meliputi kognitif, afektif, dan psikomotorik. Tes yang berupa tes awal (pre-test), tes tengah, post test, tes ulangan, dan tes sumatif berupa ulangan sesester, sedangkan non tes berupa tes tindakan dengan tekhnikk penskoran yaitu ujian praktek.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133031 AMAN SUGIHARTO
Date Deposited: 22 Dec 2017 03:17
Last Modified: 22 Dec 2017 03:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6934

Actions (login required)

View Item View Item