RO’ATU IRAWATI, 1755154038 (2017) PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DALAM MEMBENTUK MULTIPLE INTELLIGENCES PESERTA DIDIK (Studi Multi Situs di MIN Tunggangri Kalidawir dan MIN Pandansari Ngunut). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (711kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (403kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (144kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membentuk Multiple Intelligences Peserta Didik (Studi Multisitus di MIN Tunggangri Kalidawir dan MIN Pandansari Ngunut)” ini ditulis oleh Ro’atu Irawati dibimbing oleh Dr.H. Prim Masrokan M., M.Pd dan Dr.Hj. Sulistyorini, M.Ag Kata Kunci: Kegiatan Ekstrakurikuler, Multiple Intelligences Pendidikan merupakan salah satu upaya mengembangkan potensi yang dimiliki manusia. Penyelenggaraan pendidikan sering kurang memperhatikan keragaman potensi yang dimiliki oleh individu. Keragaman potensi kecerdasan itu dikenal dengan kecerdasan majemuk (multiple intelligences). Pengembangan potensi multiple intelligences atau kecerdasan majemuk dapat diupayakan dengan berbagai kegiatan, salah satunya yaitu melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler telah melahirkan peserta didik yang potensial di bidang masing-masing sesuai kecerdasan yang dimilikinya. Kualitas kegiatan ekstrakurikuler di suatu lembaga pendidikan menjadi salah satu indikator kualitas pendidikan di dalamnya secara menyeluruh. Berdasarkan konteks penelitian dan observasi awal di lapangan, fokus penelitian tesis ini adalah pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam membentuk multiple intelligences peserta didik di MIN Tunggangri Kalidawir dan MIN Pandansari Ngunut. Pertanyaan penelitian dalam tesis ini adalah: (1) Bagaimana strategi pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam membentuk multiple intelligences peserta didik di MIN Tunggangri Kalidawir dan MIN Pandansari Ngunut?; (2) Bagaimana metode pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam membentuk multiple intelligences peserta didik di MIN Tunggangri Kalidawir dan MIN Pandansari Ngunut?; dan (3) Bagaimana sistem evaluasi pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam membentuk multiple intelligences peserta didik di MIN Tunggangri Kalidawir dan MIN Pandansari Ngunut? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pemaparan informan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di dua situs dengan karakteristik yang sama, sehingga data yang terkumpul terlebih dahulu dianalisis secara individu, baru kemudian dilakukan analisis lintas situs. Hasil penelitian memperoleh kesimpulan: (1) Strategi pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam membentuk multiple intelligences peserta didik, meliputi (a) pidato dalam membentuk kecerdasan bahasa dan interpersonal peserta didik yaitu dengan modeling dan hafalan, (b) pramuka dalam membentuk kecerdasan interpersonal peserta didik yaitu dengan pengelompokan, pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan, serta camping study, (c) melukis dan kaligrafi dalam membentuk kecerdasan ruang peserta didik yaitu dengan pemberian motivasi dan pembelajaran aktif, (d) marching band dalam membentuk kecerdasan musik dan gerak badan peserta didik yaitu dengan kedisiplinan, (e) tahfidz juz 30 dalam membentuk kecerdasan intrapersonal peserta didik yaitu dengan setoran (talaqqi), dan (f) ekstrakurikuler keagamaan dalam membentuk kecerdasan intrapersonal peserta didik yaitu dengan pembiasaan; (2) Metode pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam membentuk multiple intelligences peserta didik, meliputi: (a) pidato dalam membentuk kecerdasan bahasa dan interpersonal peserta didik yaitu dengan ceramah dan demonstrasi, (b) pramuka dalam membentuk kecerdasan interpersonal dan natural peserta didik yaitu dengan ceramah, diskusi kelompok, dan kerja kelompok, (c) melukis dalam membentuk kecerdasan ruang peserta didik yaitu dengan ceramah dan pemberian tugas, (d) marching band dalam membentuk kecerdasan musik dan gerak badan peserta didik yaitu dengan ceramah dan demonstrasi, (e) tahfidz juz 30 dalam membentuk kecerdasan intrapersonal peserta didik yaitu dengan ceramah, jama’, dan takrir,dan (f) ekstrakurikuler keagamaan dalam membentuk kecerdasan intrapersonal peserta didik yaitu dengan drill; dan (3) Sistem evaluasi pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam membentuk multiple intelligences peserta didik, meliputi: (a) teknik evaluasi ekstrakurikuler pidato dalam membentuk kecerdasan bahasa dan interpersonal peserta yaitu penilaian kinerja (b) teknik evaluasi ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk kecerdasan interpersonal dan natural peserta didik yaitu penilaian otentik, (c) teknik evaluasi ekstrakurikuler kaligrafi dalam membentuk kecerdasan ruang peserta didik yaitu penilaian produk, (d) teknik evaluasi ekstrakurikuler marching band dalam membentuk kecerdasan musik dan gerak badan peserta didik yaitu penilaian kinerja, (e) teknik evaluasi ekstrakurikuler tahfidz juz 30 dan keagamaan dalam membentuk kecerdasan interpersonal peserta didik yaitu tes lisan.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam |
Depositing User: | 1755154038 RO’ATU IRAWATI |
Date Deposited: | 21 Dec 2017 06:43 |
Last Modified: | 21 Dec 2017 06:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6957 |
Actions (login required)
View Item |