PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 NGANTRU

IMA NIKHEN FADILLA SUSANTI, 2814133083 (2017) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 NGANTRU. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (999kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ngantru” ini ditulis oleh Ima Nikhen Fadilla Susanti, NIM 2814133083, dibimbing oleh Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes, Ph.D Kata kunci: Pembelajaran Kontekstual, Pemecahan Masalah, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa, hal ini terjadi karena selama ini proses pelaksanaan belajar mengajar matematika di sekolah hanya mentransfer pengetahuan guru kepada siswa. Hasil belajar matematika siswa yang rendah dan kurang maksimal juga dipengaruhi oleh anggapan siswa bahwa matematika adalah pelajaran dirasa sulit, kesulitan siswa dalam memahami materi bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti penyampaian materi ajar yang kurang menarik dari guru, pembelajaran yang kurang bermakna bagi siswa, siswa belum mampu menghubungkan materi yang dipelajari kedalam kehidupan sehari-hari, selain itu siswa kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Dalam hal ini peneliti menggunakan pembelajaran kontekstual berbasis pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Ngantru. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngantru, 2) mengetahui besarnya pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngantru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasy eksperiment. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu: 1) Tes, 2) Dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 1 Ngantru, sampel yang dipilih sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal tes, soal tes digunakan untuk mengukur hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngantru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik uji T-Test dan uji Cohen’s d effect size. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti adalah: 1) Uji hipotesis t-test, diperoleh thitung (4,715) > ttabel (2,000) (taraf 5%). Sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima dan dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngantru”, 2) Besarnya pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngantru adalah 82% tergolong interpretasi tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133083 IMA NIKHEN FADILLA SUSANTI
Date Deposited: 29 Dec 2017 03:27
Last Modified: 29 Dec 2017 03:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6963

Actions (login required)

View Item View Item